ig

Setahun belakangan ini nama Bayu Cuaca mulai ramai diperbincangkan di skena sik indie Bali. Bukan dari namanya saja yang unik, namun lagu-lagu nya yang easy listening dan bertemakan alam membuat orang sangat mudah mengingat. Album perdana nya yang bertajuk Perakiraan Cuaca, laris manis dipasaran hingga cetak dua kali. Okay ini dia wawancara Mave dengan Bayu Cuaca, yang turut serta juga meramaikan acara Pasar Akhir Pekan di Lippo Mall. teks Adamxhole photo istimewa

Haloo bagaimana cuaca hati dari seorang Bayu Cuaca hari ini?Hehe..
Cuaca hati sedang mendung, tapi mendung yang penuh harapan,harapan akan turun nya gerimis manis yang mampu meluluhkan hatinya yang kemarau.

Sedang sibuk apa sekarang Bayu Cuaca?
Sibuk melanjutkan kuliah S2 di ISI Denpasar, sama sibuk persiapan tour album #prakiraancuaca dan pembuatan klip lagu “Angin Kencang”.

Bagaimana album Prakiraan Cuaca nya kemarin? Apakah banjir permintaan apa kemarau melanda? Hehe..
Lumayan sukses karena cd album cetakan pertama telah habis terjual, dan sekarang masuk ke cetakan ke dua. Sampai hari ini yang sudah ngeplay lagu “Angin Kencang” sudah mendekati angka 5500 orang, berbeda saat dulu pertama-tama ngupload lagu paling yang denger mentok 50-100 orang aja hahaha.. ya mungkin sekarang karena album ini di garap serius jadinya apresiasi orang jadi lebih baik. Dari permintaan lumayan banjir di t-shirt, mungkin karena desainya yang kece dan dibuat oleh Djamur komunitas (komunitas street art keren Bali). Permintaan manggung juga lumayan sering, terutama di acara-acara komunitas.

Jika ada yang belum tau nih, ceritain dong bagaimana bisa dinamai Bayu Cuaca?apa yang jadi inspirasi nya?
Nama Bayu Cuaca ini merupakan pemberian dari teman-teman secara tak sengaja. karena dua lagu yang saya sering bawakan pas manggung dulu adalah lagu “Angin kencang” dan “Dujan Deras”. Dan kebetulan saat itu saya main di sebuah acara dari komunitas pojok membawakan lagu itu, kemudian salah satu dari mereka memberikan nama itu. Yang akhirnya melekat sampai sekarang. Sebagian besar inpsirasi saya adalah hujan, karena saya senang dengan suara hujan dengan gemerciknya yang manis serta hembusan angin yang membuat saya ingin memuntahkan nada-nada yang akhirnya tertuang dalam album #prakiraancuaca ini.

Sejak kapan terjun di dunia musik?
Sejak kecil suka musik, mulai serius bermusik saat mulai kuliah.

Banyak yang bilang kalau kamu mirip dengan Robi Navicula, apakah sebenarnya ada pertalian saudara? Hehe..
Hahaha.. ya benar sangat banyak orang yang bilang saya ini mirip Robi Navicula,bahkan saya lebih sering dikira Robi navicula daripada Bayu Cuaca :D… tidak ada pertalian saudara, mungkin kebetulan saja mirip hahaha…

Lagu apa yang pertama kali dibuat? Dan pada umur berapa?
Judulnya “Kau Pikir Kau Sempurna” umur 18 tahun.

Saat cuaca seperti apa sih biasanya waktu yang enak untuk membuat lagu?
Situasi cuaca apa saja akan memungkinkan untuk membuat lagu, namun cuaca fevorite saya adalah pas hujan deras dan angin kencang.

Lagu-lagu Bayu Cuaca hampir semua bercerita tentang alam, seperti apa alam Bali saat ini?
Masih indah dan eksotis,namun sangat megkhawatirkan karena banyaknya alih fungsi lahan.

Apa yang perlu diperbaiki dan dilakukan dari semua itu?jika alam Bali sudah mulai rusak?
Introkpeksi diri sendiri, dan mulai membuka kesadaran akan menjaga dan merawat rumah kita ini, contoh sederhananya adalah jangan buang sampah sembarangan biar gak banjir.

Apa impian tertinggi seorang Bayu Cuaca untuk alam dan untuk karir musik nya?
Semoga manusia bisa lebih menghargai alam dengan lebih bijaksana ;), semoga terus diberi semangat untuk berkarya.

Okay, pertanyaan terakhir nih. Tapi bukan pertanyaan. Bulan April ini kan Mave ultah yang ke-4, ucapin selamat dong buat kita, jangan lupa kasih kritik dan saran nya hehe…
Selamat ulang tahun Mave, semoga bisa meneduhkan pembaca saat cuaca apapun ya… sering-sering support musisi indie dan Komunitas seni nya. Saran dan kritiknya, biar Mave tetap mempertahankan idealismenya terus yaaa, bisa terus memberikan bacaan yg menarik,bermanfaat dan menginspirasi tentunya. :)

soundcloud.com/bayu-cuaca


Related Blogs

    Share