SOULJAH-2013

Satu dari banyak nya band Reggae/Ska di Indonesia yang masih eksis dan terus bersinar. Souljah bertransformasi sebagai band raggae modern era masa kini, dan saking sering nya manggung dari sekolah ke sekolah, mereka dijuluki sebagai raja Pensi. Oke, ini dia interview kita dengan mereka yang sempat singgah ke kota Singaraja Bali bulan lalu.

Halloo Souljah lagi sibuk apa kalian sekarang ?

souljah sedang rekaman album kita yang ke 4. sambil kita bikin video klip dan beberapa material pendukung album lainnya. :)

Bagaimana konser kalian di Singaraja Bali kemarin ?

menakjubkan Singaraja. walau diterjang hujan namun tetap membludak dan hangat tentunya.

Single baru kalian yang bebas download “Satu frekuensi” itu nyeritain tentang apa sih ?

tentang kesamaan pikiran tanpa perlu kita bicara. sebuah keadaan dimana komunikasi bisa nyambung tanpa perlu bicara dikala manusia berada di tingkat tinggi, if you know what i mean. ups!

Bagaimana album baru nya ? sudah rampung berapa persen ?

Album agak terkendala nih terutama masalah waktu walau kita rekaman di studio sendiri tapi jadwal Souljah yang padet sama kesehatan yang kurang baik menyita jadwal rekaman. tapi tenang sudah hampir semua lagu beres rekamannya tinggal polesan sana sini yang menurut kita masi kurang yahud.

Apa yang membedakan album baru ini dengan album sebelum nya ?

wah beda banget. dari semua sisi beda. dulu semua lagu kita produseri sendiri, sekarang ada satu lagu di co-produce oleh Jason Obryan, produser dari Inggris yang juga terkenal dengan bandnya dubpistol serta di games console skateboard ternama. Dulu harus ke studio orang sekarang sudah di studio sendiri. di sisi musik kita banyak memasukkan unsur akustik dan elektronik yang porsinya kecil di album terdahulu. album sebelumnya jumlah lagu selalu 12, sekarang 17 lagu. Ga main main kita dalam berkreasi makanya lama prosesnya.

Oh, iya menarik sekali, Souljah melibatkan penggemar kalian untuk mendesain kemasan album baru nya, gimana cerita nya ? Apa hadiah nya bagi mereka yang menang ?

kita bikin lomba box set Souljah karena selama ini kita membuat desain cover sesuai trilogi merah kuning hijau (merah-breaking the roots, kuning-bersamamu, hijau–mestakung) sekarang kita mau yang beda. kita mau album ini adalah hasil karya bersama braddasouljah bukan Souljah sendiri. hadiahnya adalah private concert yang kita buat khusus untuk pemenang dengan 20 orang temannya.

Sejauh mana dan seberapa penting kalian menggunakan media sosial untuk band ini dan album baru nya ?

untuk social media kita dari dulu selalu gunakan secara maksimal karena braddasouljah berkumpul disana, yang menarIk justru kita menggunakan media online lain lebih banyak ketimbang social media kita sendiri untuk album ini. seperti free download Satu Frekuensi yang hanya ada di satu web dan Move On yang justru sebaliknya ada di banyak web. pendekatan yang Serupa tapi tak sama.

Seperti apa konser impian kalian ?

konser yang intim dan sangat hangat di tempat yang eksotis, bukan dengan ribuan penonton yang sudah sering kita lakukan.

Bagaimana pandangan kalian tentang perkembangan musik Reggae/Ska di tahun 2014 nanti?, akankah ramai ?

akan seru di 2014 karena akan semakin banyak band aliran ini bermunculan terutama dengan album ya,dan akan semakin bagus juga permainan mereka jadi akan makin menarik.

Okay terakhir, apa resolusi Souljah di tahun 2014 ?

di 2014 semoga orang mengerti dan tau kita ini band yang pure indie, band jamaican music dan band yang di bangun atas kerja keras.

SOULJAHcloseup

teks Adamxhole photo Courtessy of Souljah
Share