sob

Setelah 6 tahun vakum dalam pembuatan album, band melodic core asal Bali Scared Of Bums atau biasa disebut SOB kembali hadir dengan album kedua nya, yang diberi judul  Let’s Turn On A Fire. Bagaimana isi dalam album terbaru nya ini ? Ini dia interview  dengan anak-anak SOB tentang album baru nya dan rencana tur ASEAN mereka.

Hallo SOB akhir nya album baru kalian keluar, apa yang membuat lama sampai 6 tahun baru ngeluarin album kedua ?

Haloo, akhirnya SOB Lulus SD (6th) sekarang sudah SMP. Karena jarang buat PR mungkin 😀

Apa makna dari nama album ini ?

Let’s Turn On A Fire = Nyalakan Api Semangatmu, jangan sampai Padam!

Ada berapa track di album baru ini ?

Total nya ada 15 track. Single pamungkas kita adalah: Let’s Turn on a Fire

Tema apa saja yang kalian angkat di album baru ini ?

Masih berkutat dengan kehidupan sehari – hari disekitar kita, isu lingkungan hidup, serta perasaan pribadi manusia. motivasi hidup, perlawanan, kasih sayang, kepedulian, dan tentunya bersenang – senang

Siapa saja yang musisi yang terlibat di album ini ?

Vocal director : Agus Astika (ex guitarist SOB), Backing voc (BXMC, 5.0.13 crew, Dewa Suppurate, Bagleg Maddog), Uncle Bob, Donie Lesmana, Keyboard Harmoni (Lemon Endium & Agus Bentet), Percussion part (BXD, Gus Cilix Trojan, Mankd Ripperclown). lyric : Bright Light For The Kids by Eka Rock, Time to Learning by Dizta pill, Let’s Turn on a Fire by Dede Flameable

Banyak perubahan dari segi musikalitas di album ini. Apakah ini bentuk pendewasaan dari band yang sudah 10 tahun berdiri?

kalau perubahan musik ngga juga, masih tetep di roots melodic core, kita kan cowok-cowok setia nih semua, ha2…cuman lebih di tata dan di konsep aja baik itu lyric n musikalitas nya.. Jadi terdengarnya lebih dewasa..Padahal masih labil dikit lah pengaruh dari influence tiap personel yg beda-beda jadi nambah warna di album kita yang baru..

Apakah kalian sudah puas dengan album baru ini ?

kalo dibilang puas itu relatif. Kita boleh puas tapi sesaat. Kalo puasnya lama, nanti kita tidak nafsu lagi untuk berkarya. nggak ada kata puas sih kayaknya, kalau di ibaratkan makan, setelah kenyang kita pasti puas, habis itu b*ker laper lg kan, makan lagi, begitu seterusnya..

Apa yang membuat kalian bertahan di dunia musik sampai 10 tahun ini ?

Commitment, believe, respect & dream. Rasa kekeluargaan antar pesonel, team , komunitas, dan semua teman-teman disekitar kami, yah bisa dibilang selalu berdebat, tapi itu bagian dari kepedulian…. satu lagi tentunya karena 5.0.13 mosphit crew yg selalu nonton konser dan dengerin lagu kita, BIG RESPECT.

Oh iya, rencana nya kalian akan promo tour album ke negara ASEAN, ceritain dong gimana awal mula nya ?

Planning memang sudah ada dari pertengahan tahun ini oleh manager kita Dede Flameable. Kita akan tour bareng salah satu band pioneer punk di Bali yaitu The Djihard, kebetulan kita satu manajemen, jadi ngurusnya bisa sekalian. Roy ( voc The Djihard ) dan Dede punya hubungan baik dengan Bubun Turtles Jr ( Bandung ), kebetulan mereka sudah tour duluan ke sana, jadi berkat bantuan dari Bubun kita dapat link tour di Singapore dan Malaysia, untuk yang di Thailand kita punya teman kenalan disana. Dan tour ini kita namakan “ Tiger On Fire “ mewakili titled dari album terbaru kita masing – masing, Tiger dari “Macan Asia” milik The Djihard , on fire dari “ Let’s Turn on a Fire“ milik SOB. Doakan yah, semoga tour ini berjalan lancar dan sukses.

Berapa negara yang akan kalian singggahi ? Dan kota mana saja?

Rabu, 18 Desember 2013 – Rumah Api, Kuala Lumpur, Malaysia.
Kamis, 19 Desember 2013 – The Wall, Johor, Malaysia.
Jumat, 20 Desember 2013 – The Substation Teatre, Singapore.
Sabtu, 21 Desember 2013 – Immortal Bar, Bangkok.Thailand.

Apa yang belum di capai oleh band ini ?

baru lulus SD kan, jadi cita-cita dan perjalanan kita msh sepanjang air mengalir sampai jauh.. Haa2…

Harapan untuk album baru nya ini ?

Bocare: Semoga Album ini dapat menginspirasi para pendengar maupun musisi untuk pantang menyerah & putus asa dalam berkarya lebih kreatif lagi. Be yourself trust yourself.
Arx: agar bisa dinikmati di semua kalangan penikmat music dan menjadi picu semangat untuk band lain untuk berkarya.
Nova: semakin banyak orang bersemangat melakukan sesuatu yg mereka yakini itu benar..
Eka Poglag:  Semoga pesan dalam lirik-lirik lagu kita ini bisa
tersampaikan kepada pendengar tentang perdamaian, ketidak setujuan kita terhadap exploitasi anak-anak. dan lain lain.

Okay, last words ?

Arx: no pain no gain.
Bocare: Selalu dukung kreatifitas Musisi/Seniman anak negri dengan membeli hasil karya original, bukan bajakan.
Nova: terimakasih buat 5.0.13 official team, Antida Music Production, Bleedoh BXMC, BXD, Melodrumatic Attitude, Rockthebeat, Tet Stupid Pro, sponsor n endorse dari Distro dan clothing line Bali, media massa, koran, radio, TV, majalah, Mave Magz tentunya dan semua penikmat musik.. play it loud n “Lets Turn On A Fire”.

teks Adamxhole photo Anjar Tanjung
Share