CAPTAIN-JACK-2

Salah satu band alternative/rock asal Jogja yang Terbentuk pada 4 Desember 1999, Captain Jack menjelma menjadi band yang mempunyai visi misi yang kuat, untuk membawa band yang tak hanya eksis saja di industri musik. Melainkan berbuat untuk mengubah stigma dan ketidakadilan yang mereka rasa. Ini dia wawancara  dengan anak-anak Captain Jack yang bulan lalu datang ke Bali untuk promo single ketiga mereka.

Hallo Captain Jack, selamat datang di Bali. Dalam rangka apa kalian ke Bali neh?

Kita ada agenda Road and rockshow to Bali, dalam mempromosikan single ketiga kita yaitu “Berbeda Adalah Pilihan” sekaligus dalam rangka temu kangen dengan teman-teman di Bali yang ingin kita datang lagi, karena beberapa tahun lalu kita sempat batal datang ke sini karena faktor cuaca.

Manggung di mana saja selama kalian di Bali?

Selama di Bali kita berkunjung ke 4 stasiun radio kalau tidak salah, dan beberapa gigs, di antaranya di Janggar Ulam Ubud, Mars Radiance Cafe, Car Free Night Tabanan dan di Suluh Bali.

Untuk single ketiga yang diambil dari album ke-empat kalian ini, apa sih makna lagu “Berbeda Adalah Pilihan” ini?  

Berbeda Sebuah Pilihan ini hanya sebuah ungkapan saja, dimana kita sekarang tinggal di sebuah negara yang mana bahwa hidup ini selalu lurus dan semua orang harus ikut satu jalur. Jadi menurut kami ini omong kosong. Pada kenyataannya yang seharusnya orang harus memilih tapi tidak dibiarkan untuk memilih. Jadi, untuk itu kita mencoba untuk meng-encourage kepada seluruh pendengar bahwa memilih itu bebas asal tidak merugikan orang lain.

Apakah ini termasuk pilihan kalian yang menyatakan perang terhadap alkohol? Karena beberapa waktu lalu Captain Jack pernah meng-kampanyekan gerakan ini.   

Mungkin kalau menyatakan perang rasanya tidak tepat yah, lebih enaknya kita hanya menyuarakan rasa gundah kami dan rasa sedih kami melihat bahwa gaya hidup alkohol, drugs dan semacam nya sekarang sudah menjadi gaya hidup yang di paksakan. Dan banyak akses negatif yang ditimbulkan. Jadi, inti nya kami hanya menyuarakan pesan yang positif aja tanpa merugikan orang lain.

Apakah semua personil Captain Jack memang sudah tidak mengkonsumsi alkohol lagi?

Yess !! Sekarang kita semua sudah tidak mengkonsumsi minuman ber-alkohol lagi :)

Tema lagu yang di buat Captain Jack sekarang lebih menjurus ke perlawanan. Apa yang membuat kalian tergerak dengan mengangkat tema seperti ini?

Hidup ini penuh dengan konflik, jadi gak mungkin orang itu hidup tanpa konflik. Sudah pasti kalau ada konflik terdapat perang juga disitu. Dan kita hanya melakukan perlawanan apa yang menurut kita itu tidak adil. Dan berusaha untuk membuat hidup ini lebih ideal.

Kalau di Bali ada yang namanya gerakan Bali Not For Sale. Di Jogja ada Jogja Ora Didol. Apakah kalian juga mendukung gerakan ini?

sebenernya sudah baca dari dulu isu tentang ini di Bali,
isu tentang Bali Not Sale dan Penolakan Reklamasi Teluk Benoa. Dan sebenarnya Jogja dan Bali mempunyai kesamaan, yaitu sama-sama tujuan wisata. Nah, disaat ada eksploitasi terhadap lingkungan dan alam, kita harus berani melawan nya. Dan kami menyuarakan kepada siapapun yang ingin mendengarkan kami bahwa ketidakadilan itu jangan hanya didiamkan saja.

Di era digital sekarang ini, bagaimana strategi penjualan album ke-empat kemarin kalian? Apakah  mengikuti perkembangan jaman juga. Atau tetap dengan rilisan berbentuk fisik?

Dalam industri musik Indonesia yang sekarang mulai rusak ini dan segalanya yang serba instan, kita dituntut untuk mempunya ide yang beda dan mempunyai cara memasarkan karya kita yang baik. Single-single kita ada yang masuk di iTunes juga kok, dan baru-baru ini kita juga meluncurkan sebuah flashdisk yang berisi lagu-lagu album kita terdahulu dan video klip dokumenter kita. Jadi tidak menutup kemungkinan menerima era digital sekarang ini, dan semuanya kita tidak merasa dirugikan. Tapi, dari semua itu, kami sangat mendukung jika penjualan musik itu harus dalam bentuk fisik.

Apa rencana Captain Jack di tahun 2014 ini, setelah tour dari sini ?

Mudah-mudahan setelah dari sini ini, kalau jadi kita akan tour ke Kalimantan dan main di salah satu kota di Jateng. Selain manggung dari kota ke kota, ya mungkin kita akan menggarap album ke-5 secepatnya.

Terakhir, apa yang diharapkan untuk industri musik Indonesia sekarang ini?

Kita tidak mengharapkan apapun dari industri musik Indonesia, mungkin yang kami harapkan satu hal, bahwa pergerakan musik independent sekarang ini, bisa jauh lebih besar dari sekarang. Dan orang-orang di Indonesia bisa lebih mendapatkan pilihan-pilihan yang lebih baik ketika mendengarkan musik seperti ini.

twitter: www.twitter.com/captainjackband

Related Blogs

    Share