cover

INDRA MENUS // MERILIS BUKU “PROLIFIK”

Bagi sebagian orang yang berkecimpung di skena musik bawah tanah mungkin sudah familiar dengan nama Indra Menus. Musisi sekaligus penulis dan peneliti musik yang aktif mengorganisir gig underground berbasis di Yogyakarta ini dikenal juga sebagai bagian dari DoggyHouse Records (records label milik Shaggydog), kolektif Jogja Noise Bombing serta bergabung di band diantaranya COLDVVAVE, LKTDOV, Anamnese, narcholocos, PORNZORN & To Die.

Selain aktif merilis musik, tour lintas benua dan mengorganisir gig, Indra Menus tercatat sudah mengeluarkan 2 buku yang bersinggungan dengan musik Noise: Pekak! dan Jogja Noise Bombing: From The Street To The Stage, keduanya via Warning Books!. Beberapa penelitian, residensi, konferensi dan pameran yang berkaitan dengan musik telah dilakoninya juga di beberapa negara.

Sejak akhir 90an, Indra Menus menulis di zine personal miliknya, Mati Gaya, serta zine yang mengulas tentang zine (Menghamba Mesin Photokopi). Indra Menus juga aktif menulis tentang geliat skena musik bawah tanah baik melalui zine, majalah maupun website. Dari zine fotokopian bersirkulasi underground semacam Fight Back!, Beyond The Barbed Wire sampai zine dari China (Sling Rat) dan Perancis (We’re Gonna Fight) pernah memuat reportase skena-nya.

Petulangan menulisnya berlanjut menjadi kontributor tetap di beberapa pro printed zine semacam D.A.B (yang kemudian menjadi DAB Magz & EAR), Shock & Awe! (Malaysia) dan berlabuh selama beberapa waktu di Siasat Partikelir. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, menulis materi untuk website penyembah adsense pun pernah dilakukannya selama hampir 9 tahun.

Muncul ide untuk mengumpulkan ceceran tulisan tentang musik dari pertama menulis untuk kemudian dijadikan satu buku. Tidak mudah untuk mengumpulkan tulisan terutama dari era 90an dan awal 2000an yang dirilis via zine fotokopian dikarenakan ketiadaan versi digital dari zine ini. Beberapa terpaksa ditulis ulang dari koleksi zine yang halamannya berdebu dimakan zaman.

Terkumpullah 690 halaman yang berisi tulisan lepas tentang musik, interview musisi/kolektif/media juga review zine/buku musik/gigs. Ditambahkan pula QR Codes berisi 20 track proyek musik Indra Menus mulai dari tahun 1998 – 2021 sebagai soundtrack menemani baca buku. Saking tebalnya isi buku ini akhirnya terpilih kata Prolifik (banyak menghasilkan karya) untuk menjadi judul buku ketiga Indra Menus ini. Dengan bangga Samstrong Records merilis buku Prolifik dimana ini akan menjadi buku pertama yang pernah kami rilis. Indra Menus bukanlah nama asing bagi kami karena beberapa band-nya pernah kami rilis diantaranya LKTDOV, Narcholocos dan To Die.

Buku Prolifik: Kumpulan Tulisan Musik Oleh Indra Menus 1999-2021 ini resmi dirilis 31 Januari 2022 bertepatan dengan hari ulang tahun ke 40 penulisnya. Di masa promo ini buku setebal 690 halaman dijual seharga Rp. 150.000 (harga normal Rp. 175.000) dengan menghubungi nara hubung via Whatsapp 082290121376. Selanjutnya sedang diagendakan rangkaian diskusi bedah buku di beberapa kota di bulan Februari (Yogyakarta, Solo & Klaten) dan Maret (Pekalongan & Tegal). Informasi selanjutnya bisa menuju ke Instagram @indramenus dan @samstrongrecords. Demikian informasi mengenai buku ketiga Indra Menus ini.

=======================================================================================

For more info

Instagram:@indramenus @samstrongrecords

Related Blogs

    Share