orbit-body

IKSAN SKUTER // RILIS ALBUM “ORBIT”

Album ke-14 milik musisi folk asal Malang, Iksan Skuter, dirilis dalam format kaset melalui kerjasama antara tiga label rekaman.

Album ke-14 milik musisi folk asal Malang, Iksan Skuter, yang bertajuk “Orbit” akhirnya dirilis dalam format kaset melalui kerjasama antara Srawung Records, Barongsai Records, dan Rekam Jaya. Kaset tersebut diedarkan resmi mulai tanggal 31 Oktober 2021.

Album “Orbit” sebelumnya pernah dirilis hanya dalam format digital disertai dengan konser launching virtual yang diselenggarakan Srawung Records, 21 Januari 2021 silam. Semua materi musik di album Orbit ditulis dan direkam oleh Iksan Skuter di studio Srawung Records, Malang. Rizqtsani bertindak selaku sound engineer dan Luluk Andriadi (Visualist) yang bikin ilustrasi sampulnya. Seluruh proses produksinya dilakukan ketika masa pandemi Covid-19 gelombang pertama menerpa Indonesia, setahun lalu.

orbit-body1

Seperti tema di album-album sebelumnya, “Orbit” juga berisi kegelisahan yang dirasakan oleh Iksan Skuter. Kali ini, dia menuangkan kegelisahan pribadi dan lingkungan sosial di sekitarnya selama masa pandemi. “Temanya memang tidak jauh dari kegelisahan pas pandemi. Bukan yang aku rasain saja, tapi juga kegelisahan teman-teman aku masukin ke album ini” ungkap Iksan Skuter.

Iksan Skuter mengungkapkan kalau sepuluh lagu dalam album “Orbit” itu menceritakan soal sulitnya hidup di masa pandemi. Contohnya di “Carpe Diem” yang mengajak pendengar untuk tetap berjuang dan bertarung mengalahkan tantangan yang dihadapi pada setiap hari di masa pagebluk.

“Di lagu itu, intinya kita tahu kalau kondisi hari ini sedang susah. Tapi kita harus tetap mengalahkan yang kita lewati dengan sesuatu yang sedang kita perjuangkan pada konteks masing-masing,” ucapnya. “Lagu tersebut bicara soal ‘kita tetap harus bertarung, kita gak bisa mundur, kita harus kalahkan hari ini!”

“Saking nganggur-nya!” cetus Iksan Skuter sembari terbahak kalau ditanya bagaimana kiat musisi seperti dirinya bisa begitu produktif bahkan di masa pandemi sekali pun. Ternyata, “Menganggur” alias punya banyak waktu luang memang bikin Iksan Skuter makin fokus berkarya. Faktanya sepanjang pandemi pun dia masih bisa terus menulis dan merekam musik, bikin album baru, produksi aneka jenis video, kolaborasi di sana-sini, bahkan sanggup manggung dan tur lewat berbagai medium yang ada.

“Malah album ke-15 baru saja selesai aku rekam kemarin. Maaf ya kalau kecepetan!” ucap Iksan Skuter sembari tertawa lalu menyeruput gelas kopinya ketika nongkrong di Rekam Jaya, sepekan lalu. “Dalam waktu dekat aku rilis album lagi. Trus masih ada lagi beberapa agenda ke depan. Ya mumpung nganggur, haha.”

Kaset Orbit” akan diedarkan resmi pada tanggal 31 Oktober 2021 dengan titik penjualan perdana di Toko Rekam Jaya. Kebetulan tepat pada hari itu juga Iksan Skuter dipastikan manggung di Toko Rekam Jaya dalam rangkaian acara TV and Friends, bersama penampil lainnya yakni Christabel Annora.

Rencana ke depannya, album “Orbit” juga akan dirilis melalui kanal Bandcamp disusul dengan edisi merchandise spesial yang akan diproduksi oleh Rekam Jaya. Kabarnya beberapa diskografi lawas dan stok materi musik Iksan Skuter lainnya kemungkinan besar juga bakal dirilis kembali dalam berbagai format, baik fisik maupun digital.

====================================================================================

For more info:

Bandcamp: https://rekamjaya.bandcamp.com/music

Instagram: @iksanskuterofficial 

Spotify: Iksan Skuter

Twitter: @IKSANSKUTER

Youtube: Iksan Skuter Official 

Related Blogs

    Share