IKKUBARU

Berselang 6 tahun dari keluarnya album pertama, Amusement Park (2014), kuartet pop asal Bandung, Ikkubaru akhirnya kembali resmi melepas album terbaru sekaligus kedua mereka yang diberi judul Chords & Melodies di Indonesia pada bulan Maret 2020 lalu. Album Sophomore dari Muhammad Iqbal (vokal, synthesizers, dan gitar), Rizki Firdausahlan (vokal dan gitar), Muhammad Fauzi Rahman (bas, synthesizers) dan Banon Gilang (drum) ini dilepas di pelbagai format, baik secara digital maupun fisik CD. Mengikuti jejak album pertama mereka, album kedua ikkubaru ini pun kembali masuk market pendengar Jepang, dengan dirilisnya “Chords & Melodies” Japanese Version pada awal bulan September 2020 kemarin. Berbeda dengan digital dan versi Indonesia, album Chords & Melodies Japanese version ini terdapat penambahan jumlah lagu. Menjadi 16 tracks.

Tower-Records-Kinshicho

Menyesuaikan dengan para pendengarnya di Jepang, Ikkubaru menambahkan lagu-lagu yang ditulis dengan lirik bahasa Jepang ke dalam bonus tracks di album kedua mereka. Adapun lagu – lagu tersebut adalah; “Skyline”, “Cloudless Night”, dan “Muujuryoku Fantasia”. Tiga lagu tersebut lahir dari hasil kolaborasi mereka dengan para musisi dan grup asal Jepang seperti; Monari Wakita, Natsumi Kiyoura TWEEDEES, dan RYUTist. Salah satu lagu berbahasa Jepang “Skyline” bahkan sudah pernah dikeluarkan music video nya pada tahun 2019 lalu. Ada pula beberapa nomor lagu di album “Chords & Melodies seperti; “Memories, “Street Walkin’”.”Silent”, dan “Let It Swing” yang sudah dibuat musik videonya di tahun yang sama.

Tower-Records-Shibuya---Asian-Indie-New-Release Tower-Records-Shibuya---Pied-Piper-House

Album “Chords & Melodies” Japanese Version ini dikeluarkan oleh label rekaman indie asal Tokyo Jepang, Hayabusa Landings dalam format fisik cakram padat, dan didistribusikan ke seluruh penjuru Jepang. Album ini pada awalnya direncanakan keluar di bulan Mei tahun ini, namun terjadi keterlambatan karena pandemik Covid-19 yang memaksa seluruh toko musik di Jepang tutup. Tapi pada akhirnya, album ini berhasil keluar terhitung pada awal bulan September kemarin.

Selain jumlah total lagu, bagian artwork cover album juga dibuat berbeda dengan album Chords & Melodies versi Indonesia dan digital. Sampul album Chords & Melodies Japanese Version ini dibuat oleh designbyiqbal – Muhammad Iqbal, motor sekaligus penulis lagu dan produser album ini. Terinspirasi dari karya karya ilustrator kenamaan Jepang, Hiroshi Nagai, yang juga pernah bekerja sama mengerjakan artwork cover album pertama ikkubaru, “Amusement Park” (2015), dan mini album “Brighter” (2017) dalam format piringan hitam.

Kabar paling terkini yang didapat, Chords & Melodies Japanese Version berhasil masuk ke posisi 6 Best Selling Album – Rock Category di Amazon Jepang. Ini menandakan Ikkubaru menjadi salah satu grup musik dari Indonesia yang bisa bersaing di tengah Industri musik Jepang.

=======================================================================================

For more info

Instagram: @ikkubaru

Twitter: @ikkubaru


Related Blogs

    Share