pathless

Humi Dumi mulai menapaki gelanggang musik tanah air sejak 2014. Ditandai dengan terlahirnya debut EP (extended play) atau album mini yang bertajuk I AM IJ SIN A, namanya kerap berkelindan pada tahun-tahun sesudahnya. Kendati demikian, beberapa tahun setelahnya mereka kerap absen dari panggung- panggung pertunjukan. Sebuah alasan klasik tentang kesibukan masing-masing kolaborator yang berjejalan, memaksa mereka untuk hiatus sementara waktu.

Tak pelak, nomor-nomor yang terekam dalam sebuah debut EP yang mereka bidani secara mandiri itu, hanya bekerja bak sebuah ode, yang sesekali menyeruak menyiratkan kerinduan yang berlarian di kepala, atau justru lamat-lamat terkikis, dan celakanya, dilupakan. Namun, di tahun 2018 ini nama mereka kembali menyeruak di permukaan. Dengan sisa-sisa asa yang kembali disemai, mereka mulai menggodok materi debut album pertama selama hampir satu tahun, dan kemudian merilis single baru yang menjadi penanda bahwa mereka siap kembali, bertajuk Pathless.

Mereka masih bermain-main dengan imajinasi tentang sebuah wacana eskpais atas sang waktu. Merakit kembali fragmen demi fragmen tentang ingatan, demi berdamai dengan masa lalu. “Kami mencoba memainkan waktu, memaksakan histori yang telah dimakan oleh waktu untuk tetap muncul di permukaan,” kata Qanita Hasinah, sang vokalis dari Humi Dumi.

Namun, musikalitas mereka juga turut bertumbuh seiring waktu. Mereka mulai meninggalkan nuansa akustik yang banyak bertebaran di debut EP mereka. Justru, Humi Dumi hari ini menawarkan musikalitas yang lebih kompleks, dengan mencampur baurkan influence yang beragam. Tiap personil memiliki referensi masing-masing dalam menulis debut album Humi Dumi ini. Ada yang mengimani british rock a la The Smith, sebagian memuja kesyahduan Angus and Julia Stone, Di waktu lain mereka memainkan riff-riff bernas milik Thom Yorke, serta kadang salah satu diantara mereka meminjam emosi dari Saosin, saat menulis album ini. Yang pada akhirnya, semua itu di jahit dalam sebuah album yang akan dirilis pada awal tahun 2019.

Pathless adalah sebuah lentera bagi Humi Dumi, yang akan menerangi langkah mereka untuk menapaki jalan yang terhampar lebar di depan. Ilustrasi single hingga album penuh mereka nanti akan dikerjakan oleh Bagus ‘Bagong’ Priyo, seorang seniman visual dari sebuah kolektif bernama Kerjasama 59. Pathless adalah sebuah lagu yang dipersembahkan untuk menemani perjalanan panjang kalian.

===============================================================================

For more instagram:

Instagram : @humidumi

Youtube: Humi Dumi

Related Blogs

    Share