j,a

Perjalanan yang saling mempertemukan dan saat ini band pop etnik asal Maluku berkolaborasi bersama Baronda.id pada video clip Hikayat dayung dan arumbai. Hikayat dayung dan arumbai adalah single dari album doa dan nyali yang digarap Fis duo pada tahun 2017 yang menarik perhatian baronda untuk membuat video clip dengan footage Maluku.

Hikayat dayung dan arumbai sendiri bercerita tentang sepasang manusia yang berusaha untuk menjaga keyakinannya sebagai Maluku dengan cara mencintai semua tentangnya. Memang banyak interpretasi yang lain pada lagu ini, namun menurut Ferdy dan is sebagai bagian dari yang mencipta lagu ini, lagu ini ditujukan untuk memelihara keyakinan mereka ditanah Yogyakarta.

Baronda merupakan media promosi tentang alam Maluku dengan konten-konten kreatif yang berdiri atas keyakinan beberapa anak muda yang dipimpin oleh Vander Soukotta di Maluku. Baronda sendiripun merasa tertantang untuk mengerjakan video clip ini. Selama perjalanan baronda ini adalah kali pertama mereka mengerjakan video clip. Footage yang bercerita tentang Maluku dapat terlihat pada video clip ini, seperti arumbai, laut yang biru, sabana yang luas dan kehidupan masyarakat Maluku. Fis duo dan baronda ingin visual lagu ini benar-benar dapat mengartikan liriknya. Menurut Vander Ini adalah pertama kalinya dia membuat musik video, lagu ini sudah dari tahun lalu dia dengar dan pertama kali mendengar lagu ini, yang terlintas pada pikirannya adalah, lagu ini menceritakan hubungan antara Tuhan, Alam dan Manusia. Menurutnya terkadang manusia tidak menyadari segala sesuatunya yang sudah diciptakan serba lengkap dan terkadang manusia kurang bersyukur, padahal alam tidak pernah menuntut banyak, alam hanya mau mereka diperhatikan, sama dengan manusia meperhatikan diri sendiri.

Pada dasarnya lagu ini bukan milik kami. Lagu ini sepenuhnya milik mereka yang mempunyai kesamaan keyakinan seperti baronda dan basudara (panggilan kepada pencinta karya fisduo) karena itu yang menyaksikan video clip ini harus benar-benar mengerti apa yang kami sampaikan melalui visual video clip lagu ini “kata ferdy dan is”. Karena alasan itulah  pengerjaannya memakan waktu untuk mendapatkan hasil yang tepat untuk lagu hikayat dayung dan arumbai. Video clip Hikayat dayung dan arumbai sendiri diunggah pada akun youutube fis duo dan baronda.

Vander Soukotta sebagai ketua dari Baronda pada saat ini  selalu giat menyebarkan semua yang indah dan edukatif tentang Maluku melalui berbagai media sosial dan Fis duo  baru saja selesai mengumpulkan materi untuk album kedua mereka. Semoga semua yang baik selalu bersama mereka.

semua yang ada pada kami adalah milik Semesta, semua makna yang tercipta adalah kepunyaan rumah kami. Jangan mati sebelum kerumah kami, Maluku. Fis duo x Baronda.

================================================================================

Info:

https://www.instagram.com/fis_duo/?hl=id

Related Blogs

    Share