Untitled-2Sebuah proyek musik supergrup bernama RAKSASA akan meramaikan gig GUKGUKGUK!!! VOL.4 pada tanggal 17 Februari 2016 di Borneo Beerhouse, Kemang, Jakarta. RAKSASA terbentuk di tahun 2008 dengan formasi asli Eka Annash (vokal), Iman Fattah (gitar), Sammy Bramantyo (bass), Franki ‘Pepeng’ Indrasmoro (drum), dan Adrian Adioetomo (gitar). Sebagai supergrup, perkembangan karir RAKSASA selalu terombang-ambing di antara kesibukan para personilnya.
RAKSASA sempat menyandang nama Indie All-Stars pada awal kemunculannya. Para personilnya dipertemukan oleh Adib Hidayat untuk acara Suara Hati Kami di program televisi ‘Kick Andy’ di Metro TV. Pada tahun 2009, Eka dan Sammy hengkang dan digantikan oleh Adi Cumi dan Bonny Sidharta. Saat ini Bonny Sidharta telah digantikan oleh Adhi Tomo. Memang sebagian besar personil RAKSASA mempunyai proyek musik yang memberi beragam warna pada skena musik independen di Jakarta. ‘Pepeng’ merupakan penabuh drum band NAIF, yang mulai secara independen pada pertengahan dekade 90-an sebelum mendapat popularitas skala nasional. Iman Fattah dan Adi Cumzky sempat tergabung dalam Zeke and the Popo dan Fable. Sedangkan Adrian Adioetomo dikenal sebagai solois yang memainkan musik bercorak delta-blues.

Untitled-1
Sejak berdiri, RAKSASA baru menghasilkan satu album penuh self-titled pada tahun 2011. Meski demikian, secara perlahan para personilnya tetap berkomitmen untuk berkarya secara rutin. Di tahun 2013 RAKSASA merilis single ‘Setan Jalanan’, sebuah soundtrack untuk komik karya Pepeng dengan judul yang sama. Baru-baru ini di awal tahun 2016, RAKSASA kembali merilis single ‘Monster’, yang terinspirasi kasus kekerasan seksual terhadap anak. “Kami menemukan 36 kasus kekerasan seksual terhadap anak di tahun 2015”, ujar Pepeng kepada Liputan6.com.
Setelah merilis ‘Monster’, RAKSASA menyebutkan bahwa mereka akan merilis album kedua. Penampilan RAKSASA di GUKGUKGUK!!! VOL. 4 layak disaksikan, karena sebagai supergrup eksistensi RAKSASA sampai saat ini lebih banyak ‘di bawah radar’, dan sudah saatnya membangkitkan kembali RAKSASA. Terlebih pelaksanaan GUKGUKGUK!!! VOL. 4 jatuh di hari Rabu, waktu yang cocok untuk melepaskan kepenatan di pertengahan pekan. Dalam GUKGUKGUK!!! Vol.4 ini, juga akan diputar perdana videoklip Raksasa berjudul “Monster”.
GUKGUKGUK!!! dikelola oleh kolektif Sinema Pinggiran dan Sorge Records, bekerjasama dengan Borneo Beerhouse. Dalam tiga kali penyelenggaraan, GukGukGuk!!! sudah menghadirkan Borock n Roll, Marjinal, dan Pijar.

 

Twitter: @raksasaband

Facebook: Raksasa Band

Related Blogs

    Share