Pada tahun ini Konferensi Tahunan Google I/O tahun ini dimulai pada Rabu lalu (25/6/2014) di San Francisco. Ini merupakan ajang bertemunya Google dengan para Developer Android, Google mengungkap sejumlah pengumuman tentang produk dan layanannya yang akan segera dirilis. Sejauh ini, sistem operasi baru, Android L menjadi pusat perhatian utama para pengembang. Diluar itu pula, Google  memiliki beberapa pengumuman penting lainnya yang tidak bisa dilewatkan, seperti Google TV dan juga Google Auto.

Ini merupakan pengumuman-pengumuman yang dibuat Google di ajang I/O tahun ini.
Berikut adalah ringkasannya.

AL

1. Android One
Google ingin membuat smartphone murah yang memiliki kualitas yang bisa dikontrol. Karena itu, Google membuat beberapa persyaratan hardware yang harus dipatuhi oleh vendor yang tertarik membuat perangkat Android One.
Menurut The Next Web, perangkat Android One pertama direncanakan diluncurkan di India. Di negara tersebut, Google telah merangkul vendor Micromax dan Karbonn untuk memproduksi smartphone Android di bawah 100 dollar AS.

2. Android Auto
Google juga ingin memperluas pasar sistem operasinya di ranah otomotif dengan memperkenalkan Android Auto. Google menyebutnya sebagai solusi aman untuk menggunakan perangkat Android saat berkendara. Android Auto yang tertanam dalam mobil bisa terhubung dengan smartphone pendukungnya. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mendapatkan informasi dan navigasi.
Pengemudi juga tetap bias menerima dan mengirim pesan sambil berkendara dengan perintah suara, menjaga tangan tetap berada di kemudi dan pandangan tetap di jalan.
Setidaknya kini, sekitar 40 produsen mobil termasuk Hyundai, Porsche, dan Acura telah menyatakan diri untuk berpartisipasi dalam program Android Auto ini yang rencananya mulai diluncurkan akhir tahun ini.

google

3. Android L Developer Preview
Dengan Material Design, pengembang kini bisa membuat aplikasi dengan tipografi dan warna yang bisa berubah-ubah. Selain itu, dengan tool Polymer, pengembang bisa membuat animasi yang lebih halus hingga 60 fps.
Fitur lain yang diperkenalkan Google melalui Android L adalah cara menampilkan notifikasi, fitur autentikasi berbasis konteks, dukungan komputasi 64-bit, dan Android Extension Pack baru yang mendukung grafis 3D.
Dari sisi keamanan, Android L juga akan dilengkapi dengan patch baru untuk layanan Google Play, serta proteksi factory reset.

FF1

4. Android Work
Program Android Work diperkenalkan Google untuk menghubungkan seseorang dengan pekerjaannya, seperti memungkinkan menjalankan Microsoft Office secara natif, termasuk fungsi editing, dalam Google Docs.
Selain itu, Google juga memperkenalkan biaya berlangganan Google Drive Premium yang baru untuk konsumen enterprise, yaitu 10 dollar AS per bulan untuk kapasitas yang tidak terbatas.

5. Android Wear
Akhirnya, platform Android untuk perangkat wearable, Android Wear, secara resmi dikenalkan Google. Bukan hanya memperkenalkan SDK nya saja, beberapa vendor juga merilis perangkat wearable-nya yang menggunakan OS Android Wear, seperti LG G Watch, Samsung Gear Live, dan Motorola 360.
Dalam Android wear, pengguna bisa menjelajah cards dalam Google Now serta aplikasi smartphone yang didukungnya. Material Design juga hadir di platform wearable ini.

9699-1569-Screen-Shot-2014-06-25-at-125406-PM-l

6. Google Fit
Layanan kesehatan juga menjadi perhatian Google. Terbukti dengan diperkenalkannya platform Google Fit, API multi-OS terbuka untuk aplikasi dan perangkat kesehatan.
Google Fit disebut sebagai pesaing platform yang sama yang dimiliki Apple dengan HealthKit-nya. Nike dan Adidas adalah beberapa vendor yang telah menyatakan ingin menggunakan platform ini.

Berikut beberapa pengumuman penting dari Google dalam ajang Google I/O tahun ini. Selain memperkenalkan produk dan layanan baru tersebut, Google juga memperkenalkan peningkatan layanannya, seperti untuk Google Cloud yang merilis tool untuk digunakan developer men-debug aplikasi secara langsung yang sedang berjalan di banyak server.

teks & photo by https://www.google.com/events/io

Related Blogs

    Share