galedmarlin

Berawal dari percakapan kasual di situs kencan daring, bertemulah Marlin Agustina (24 tahun) dan Galed Praxista (23 tahun) . Dalam waktu singkat keduanya menemukan banyak persamaan yang mana salah satunya adalah kegemaran pada musik. Marlin bisa bermain piano, dan bernyanyi, sementara Galed bisa bernyanyi dan bermain ukulele. Keduanya secara kebetulan menyukai musisi-musisi yang sama seperti Thundercat, Robert Glasper, dan Snarky Puppy.

Berangkat dari kesadaran bahwa keduanya suka menulis lagu dan voice note berdurasi 1 menit yang Marlin kirimkan yang pada saat itu iseng-iseng dia buat, Marlin dan Galed mulai menuliskan 1 lagu bersama-sama.

Setelah mengirimkan voice note demi voice noteĀ  dan bahkan menghabiskan suatu sore di sebuah taman di kawasan Bogor, terciptalah lagu, yang setelah direkam dengan bantuan Alexander Bramono (bassist Tokyolite) , diberi judul “A Home We’re Longing” oleh galedmarlin, nama yang mereka pilih.

Secara personal, lagu ini berbicara tentang pencarian dan penemuan, mencari ‘rumah’ dalam wujud manusia. Kalau zaman dulu bisa bertemu orang dengan cara dikenalkan, sekarang bisa memperkenalkan diri sendiri ke banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Lagu ini secara gamblang menyatakan betapa lekatnya pertemuan yang terjadi antara 2 orang dengan teknologi tersebut. Kadang pertemuan yang terjadi dapat memberikan kesan tersendiri terhadap orang-orang terlibat dan dalam lagu ini, 2 orang tersebut memutuskan untuk menjadikan satu sama lain ‘rumah’.

Dari segi teknis pembuatan, Marlin berkontribusi lewat komposisi dan aransemen, dan Galed bertanggung jawab dalam sisi lirik. Dalam proses rekaman, Alex juga banyak membantu dari segi aransemen dan ikut terlibat mengisi track bass. Kalau bicara soal aliran, secara spesifik untuk lagu ini, inspirasi Marlin dan Galed datang dari Kings of Convenience. Sesuatu yang sederhana nan penuh emosi yang memang menjadi pusat dari gaya musik galedmarlin sendiri.

=======================================================================================


Related Blogs

    Share