WhatsApp-Image-2017-08-13-at-9.49

Sepedaptif (terdaftar sebagai Yayasan Sepeda Adaptif Indonesia) adalah sebuah gerakan sosial yang diinisiasi sejumlah anak muda dengan berbagai latar belakang dengan tujuan untuk meningkatkan status kesehatan, kebebasan mobilitas, ketangguhan, dan inklusivitas melalui sepeda adaptif bagi anak-anak berkebutuhan khusus (disabilitas).

Disabilitas adalah kondisi dimana keterbatasan fisik/mental tidak terfasilitasi oleh lingkungan yang ada. Keterbatasan lingkungan mencakup fasilitas yang tidak memadai, minimnya teknologi pembantu, serta stigma negatif yang muncul dan terus direproduksi. Anak- anak dipilh menjadi subjek utama dalam gerakan ini dengan alasan bahwa fase perkembangan pada umur tersebut merupakan titik kritis baik secara mental maupun fisik yang menentukan untuk perkembangan tahap selanjutnya. Kegagalan dalam membangun mental dan menjaga status kesehatan fisik pada tahap ini akan menjadi faktor-faktor penyebab rendahnya kualitas hidup seorang penyandang disabilitas pada tahap perkembangan selanjutnya.

Sepedaptif (sepeda adaptif) adalah bentuk modifikasi dari prinsip dasar kerja sepeda disesuaikan dengan kondisi fisik dan kebutuhan dari penerima manfaat (anak-anak penyandang disabilitas). Sepedaptif (sepeda adaptif) dipilih menjadi salah satu sarana yang memiliki manfaat baik secara fisiologis, emosional, dan sosial. Manfaat fisiologis (kekuatan dan fleksibilitas, jangkauan gerak, kesehatan kardiovaskular); manfaat emosional (kepercayaan diri dan kesehatan mental); manfaat sosial (integrasi kelompok bermain dan inklusivitas).

Pada acara “Free Ride Sepedaptif” kali ini, kami akan mengundang salah satu penerima manfaat yang akan mencoba untuk pertama kalinya sepeda adaptif yang dibuat sesuai dengan kebutuhan dirinya. Selain itu pada acara kami juga akan membuka kesempatan kepada pengunjung yang hadir untuk dapat mencoba sepedaptif. Pada akhirnya, sesuai dengan tag line sepedaptif yaitu ​“Ride Your Dream”​, kami berharap melalui gerakan ini dapat membantu anak-anak penyandang disabilitas untuk tetap terus bisa bermimpi dan tentu mewujudkannya!

Nama Kegiatan : FREE RIDE SEPEDAPTIF (SEPEDA ADAPTIF)

Waktu Pelaksanaan : 19 Agustus 2017 (15.30 – 18.00)

Bentuk Kegiatan : Uji Coba Tiga Sepeda Adaptif

Penyelenggara : Yayasan Sepeda Adaptif Indonesia

Lokasi : Qbig BSD City

===============================================================================

Informasi lebih lanjut

Contact Person

Fauzan Ramadhan +62 857-7310-4096

Email ​sepedaptif@gmail.com

Instagram @sepedaptif

Related Blogs

    Share