inside

FK Unpad Fair adalah acara yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Acara ini merupakan perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian yang terimplementasikan pada empat rangkaian acara di FK Unpad Fair 2016.

 

Rangkaian acara pertama yaitu Bioscope atau Biomedical Science Competition, merupakan lomba biologi medis untuk siswa-siswi SMA yang terdiri dari mata lomba Medical Olympiad dan Poster Publik dengan tema Hemato-Immunology System. Perlombaan ini terdiri dari babak penyisihan dan babak final. Untuk babak penyisihan sendiri telah dilaksanakan di empat region di Indonesia yaitu di Jakarta, Bogor, Bandung, dan Semarang serta secara online yang dapat diakses di seluruh Indonesia pada tanggal 25 September 2016 dengan total peserta sebanyak 800 orang yang terbagi kedalam 297 tim. Untuk 40 besar peserta Medical Olympiad dan 10 besar peserta Poster Publik yang lolos ke babak selanjutnya telah diadakan babak final di kampus Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Jatinangor pada tanggal 28-30 Oktober 2016.

 

 

Rangkaian acara kedua yaitu Pasific Festival atau Padjadjaran International Scientific Festival merupakan lomba ilmiah untuk mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia yang terdiri dari enam cabang lomba yaitu literature review, scientific poster, scientific essay, public poster, education video, dan research paper. Total peserta yang mengirimkan karyanya adalah 160 tim dari Fakultas Kedokteran yang tersebar diseluruh Indonesia. Finalis dari setiap cabang lomba akan melakukan presentasi di Bandung pada tanggal 17-20 November 2016. Acara ini akan ditutup dengan Simposium Internasional yang akan diselenggarakan di Graha Pos Bandung pada tanggal 20 November 2016 dengan pembicara nasional dan internasional yang akan membas Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Systemic Lupus Erythematosus (SLE).

 

Rangkaian acara ketiga yaitu Megabaksos yang merupakan bentuk nyata dari pengabdian kepada masyarakat yang pada tahun ini mengambil fokus pada kesehatan pendengaran. FK Unpad Fair bekerja sama dengan Departemen THT-KL dan Starkey Hearing Foundation yang merupakan Hearing Aids Foundation dari Amerika Serikat dan telah membagikan 1200 alat bantu mendengar secara gratis kepada masyarakat Jawa Barat khususnya Bandung dan sekitarnya. Proses pemeriksaan gangguan pendengaran dan pencetakan ear mould telah diadakan pada tanggal 3 & 4 Agustus 2016 serta pemasangan alat bantu mendengar ini telah dilaksanakan pada tanggal 3 & 4 November 2016 di Panti Sosial Bina Netra Wyata Guna Bandung. Selain itu pada tanggal 17 September 2016, FK Unpad dan Departemen THT-KL juga melakukan roadshow ke SD Negeri Cipacing 1 dan Cipacing 2. Pada roadshow ini telah dilakukan edukasi kesehatan pendengaran, pemeriksaan telinga dan status pendengaran, serta ekstraksi serumen dengan total peserta sebanyak 300 orang. Untuk menutup rangkaian acara megabaksos tahun ini juga akan diadakan acara selebrasi yang akan diadakan pada tanggal 26 November 2016 di SLB B Cicendo Bandung.

 

Rangkaian acara terakhir yang merupakan penutup dari FK Unpad Fair 2016 yaitu Festival yang terdiri dari konser yang akan menampilkan Kahitna, Naif, Tulus, Mocca, dan The Sigit serta bazaar yang akan berisi makanan, minuman, dan pakaian masa kini. Festival tahun ini juga akan mengampanyekan Lupus yang terimplementasikan melalui edukasi yang telah dikemas secara menarik untuk penonton yang hadir pada acara ini. FK Unpad Fair juga bekerjasama dengan Syamsi Dhuha Foundation yang merupakan support group untuk penyandang Lupus yang akan memberikan penyuluhan tentang Lupus dengan tujuan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Lupus. Acara ini akan diselenggarakan di Sasana Budaya Ganesha Bandung hari Sabtu, 3 Desember 2016.

 

Pembelian tiket dapat diakses melalui www.ticket.fkunpadfair.com

Related Blogs

    Share