Dewasa ini sejumlah penelitian telah dilakukan untuk menemukan cara bagaimana memperbaiki kehidupan sebagaian masyarakat penyandang tunanetra. Dengan teknologi perangkat canggih, seperti smartphone, tablet, dan kacamata pintar, itu dapat diwujudkan untuk membantu para penyandang kebutaan tersebut.

1fingerreader

Federasi Nasional Tunanetra telah memperkirakan bahwa ada sekira tujuh juta orang Amerika menderita cacat visual. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terdapat 285 juta orang tunanetra di seluruh dunia. Dengan terdorong oleh fakta yang terjadi, para ilmuwan telah berpendapat untuk menciptakan alat bantu untuk para penyandang Tunanetra tersebut. Finger Reader merupakan salah satu bentuk kepedulian mereka, walaupun baru bersifat Prototype, perangkat ini terus dikembangkan agar dapat juga digunakan untuk mengajarkan anak-anak membaca atau menterjemahkan bahasa.

3finng
Kecanggihan alat ini tidak diragukan lagi karena mampu mebaca teks tertulis, dan memang sudah lama sekali digunakan dan diterkan oleh mereka para yang memiilki masalah dengan kebutaan. Hanya saja kali ini lebih canggih teknologinya. Ini adalah sebuah bentuk wearable device, proyek dari MIT Media Labs. Berbentuk cincin sangat tebal yang dikenakan di jari penggunanya, perangkat tersebut mampu mendeteksi dan menafsirkan hingga 12 poin teks yang tercetak pada sebuah buku.

photo & teks by Sumber


Related Blogs

    Share