figura-renata-01

Bicara soal tahun 2020 adalah persoalan yang tidak akan ada habisnya, dari persoalan yang lewat viral hanya beberapa hari, permasalahan virus yang tidak kunjung henti hingga bagaimana negara yang masih amatir dalam menangani berbagai suara dari rakyatnya sendiri. Tidak sedikit musisi yang terpancing bergerak karena berbagai isu tersebut dan mengolahnya menjadi karya, karena harus diakui musik selain menjadi sarana hiburan juga bergerak sebagai media yang bersuara di negeri yang katanya demokratis ini.

Sayangnya, tulisan ini tidak ingin berbicara ke arah sana. Selain karena manusia sebagai makhluk hidup selalu membutuhkan segala sesuatu yang berbeda dan segar, duo-pop asal Semarang, Figura Renata, punya cara untuk menghibur jiwa mereka dengan musiknya sendiri di tengah masa-masa sulit ini. Setelah merilis dua single di semester pertama tahun ini berjudul Aku Dari Masa Depan dan Buyar, Figura Renata akhirnya membuktikan kembali eksistensi mereka dengan album penuh bertajuk “Hara” pada 7 Oktober 2020 lalu. Album ini juga menggenapkan 5 tahun berkarya mereka sekaligus menjadi album penuh kedua setelah Self-Titled (2017) dan mini album Bingkai Siklus (2018).

Jika mendengar Bima Sinatrya (Vokal/Gitar) dan Deviasita Putri (Vokal/Kibor) bersuara isu-isu sosial yang kompleks di album pertama, kali ini mereka justru menangkap hal-hal sederhana yang ada di sekitar atau uniknya malah datang dari cerita beberapa teman terdekat. Seperti “Aku Dari Masa Depan” dan “Iris” adalah salah dua nomor yang terinspirasi dari ide dan cerita teman terdekat mereka.

“Kami coba menangkap berbagai cerita-cerita di sekitar dalam keseharian kami, bagaimana kami berkomunikasi dengan sekitar dalam beberapa tahun terakhir. Tanpa disadari secara langsung ternyata banyak hal-hal yang menginspirasi untuk album terbaru kami.” Deviasita Putri

figura-renata-02

Album dengan sampul hitam putih ini berisi 12 lagu dengan warna-warni yang unik, dan secara musik sangat dinamis karena berisi tata suara yang sangat variatif. Sebagai pembuka dengan nomor “Serdadu”, sebuah lagu dengan titel yang biasanya digunakan untuk isu-isu keras, justru berhasil membuka dengan nuansa yang cerah. Berbanding terbalik dengan “Pesona” yang dari segi bahasa biasa digunakan untuk hal-hal yang menyenangkan,
nuansa musiknya terkesan lebih muram dengan lika-liku lirik yang cukup menyentil hal-hal digital masa kini. Dari dua pembahasan tersebut bisa digambarkan bahwa Figura Renata memang banyak bereksperimen di album ini, jalan mereka tidak mudah ditebak seperti 3 tahun lalu pada album “Self-Titled” yang lebih mudah masuk ke telinga banyak orang.

Kejutan lainnya juga hadir pada dua track yang memiliki format live yaitu “Buta” yang hanya diisi Deviasita Putri dan “Legam” yang hanya diisi Bima Sinatrya. Alih-alih membuat satu album terpisah dengan kemasan live, mereka justru menyelipkan dua lagu tersebut di tengah panasnya huru-hara album ini. Legam dan Buta tanpa disadari juga merepresentasikan sampul album mereka yang dikerjakan sendiri oleh Deviasita Putri. Pada akhirnya warna hitam putih menjadi gagasan utama album ini sejak pertama menelurkan single “Aku Dari Masa Depan”.

“Banyak eksperimen baru di album ini, selama kurang lebih satu tahun pembuatan album ini justru banyak memancing kami belajar hal-hal baru dalam berproses. Tata suara yang kami sajikan dalam 12 lagu ini tanpa disadari menghadirkan karakter dari saya dan juga Deviasita yang selama ini jarang terlihat dalam perjalanan Figura Renata.Bima Sinatrya

Tanpa mengurangi karakter Figura Renata yang sudah meraup jutaan pendengar, album “Hara” adalah titik cerah yang hadir di tengah masa-masa sulit ini. Jika kamu pendengar The Paper Kites, Aurora ataupun BANKS, album ini punya alasan yang baik untuk didengarkan berulang kali. Mereka bukanlah seri pop motivasional yang muncul untuk memberi para pendengarnya solusi dari setiap masalah. Figura Renata adalah bentuk kejujuran yang sederhana dalam kemasan musik, berkembang secara perlahan dan mengerti bahwa tidak ada yang berjalan pasti.


=======================================================================================

For more info

Instagram: @figurarenata

Twitter: @figura_renata

Related Blogs

    Share