Feel-Koplo

Duo elektronik asal Bandung, Feel Koplo, resmi merilis single perdanananya berjudul “Akulturasik”. Lagu ini menjadi karya orisinal pertama mereka setelah sudah lebih banyak dikenal sebagai DJ Remix.“Sebenarnya sudah sejak lama kami berencana membuat lagu sendiri. Namun baru di masa pandemi ini, ketika sedang tidak disibukkan oleh manggung, kami memutuskan untuk fokus menggarapnya. “Akulturasik” adalah pernyataan tentang identitas kami sebenarnya, sekaligus menjawab berbagai ekspektasi audiens,” tutur Feel Koplo.

Di balik kesibukan jadwal tampil mereka tahun kemarin, Feel Koplo, yang beranggotakan Maulfi Ikhsan dan Tendi Ahmad ini, memang kerap diterpa komentar warganet perihal “ke-Koplo-an” mereka. “Emang, sih. (Kita) dibilang Koplo, engga, tapi namanya Feel Koplo, begitu kan permasalahannya? Padahal Feel Koplo awal ada bukan berdasarkan genre, tapi pelesetan dari ‘pil koplo’ aja. Itu kan membuat sensasi euphoria yang ilegal, nah kami ingin menyajikan hiburan musik yang memberikan sensasi sama tapi legal,” tutur Tendi dalam sebuah podcast yang dirilis 10 November kemarin. “Feel Koplo ga harus Koplo, Daft Punk aja ga Punk!” tambah Ikhsan.

Berangkat dari narasi tersebut, melalui “Akulturasik”, Feel Koplo membahas tema-tema seperti “ekspektasi” dan “persahabatan” yang tergambar dalam nukilan “Realita menghajarku telak/angan – angan tidak terlampaui/dibegal ekspektasi/tenanglah tenang/masih ada teman – teman menanti/bergoyang sampai pagi/walau bukan dangdut asli/dangdut akulturasi”. Dibantu Alyuadi Ferbyansyah (Heals, Fuzzy I), Feel Koplo membalut lirik-lirik tersebut dengan sentuhan akulturasi musik pop Indonesia yang diharapkan tetap bisa membuat pendengar bergoyang. “Agar lebih maksimal, kami juga dibantu Pangestu Hning sebagai pemain violin/cello, dan Brigita Meliala di posisi vokal,” terang Ikhsan.

Di sisi lain, Feel Koplo juga menyampaikan pesan di atas tanpa melepaskan identitas mereka yang ‘merakyat’. Mereka mendekorasi beberapa angkot di wilayah Bandung dengan ornamen khas Feel Koplo yang cukup berhasil menarik perhatian masyarakat. Sebelumnya, Feel Koplo juga sempat membagikan 30 detik cuplikan “Akulturasik” lewat berbagai medium digital.

=======================================================================================

For more info

Instagram: @feelkoplo

Twitter : @feelkoplo

Related Blogs

    Share