ERYA---Band-Photo---SquareERYA // RILIS SINGLE “RASUK”

Berdasarkan data yang diambil dari worldometer, per-Juni 2021 terdapat kurang lebih 7.8 Milliyar penduduk di Bumi kita saat ini; yang mana di setiap individu – individu ini pasti menyisakan mimpi dan harapan. Harapan yang tentunya menjadi tumpuan pergerakan atas target – target yang ingin dicapai dari waktu ke waktu. Tapi terkadang di dalam perjalanan hidup, sebagian dari kita seringkali mendapatkan hasil yang bertolak belakang dari mimpi yang kita harapkan. Terlalu banyak problematika, tanggung jawab, intrik politik dan faktor – faktor pendorong lainnya yang menjerat impian yang ada. Seringkali impian itu harus gugur. Tema inilah yang diambil oleh ERYA untuk single terbaru yang berjudul: “Rasuk“.
Band yang dimotori oleh duo Erixon Sihite (Drum, Vocal & Synth) dan Arya Akbara (Guitar, Bass & Vocal) memulai Pre-pro single ini sejak Desember 2020. Walaupun keduanya belum pernah bertemu di dunia nyata, kolaborasi karya di antara keduanya bisa berjalan dengan baik via virtual office antara JakartaTangerang dan Pangkalan BunSurabaya.

Berbeda dengan 3 single sebelumnya yang sempat di-release oleh ERYA dan lebih bertemakan ‘analog music‘ dari sisi performa musikalitas, single “Rasuk” cenderung lebih mengarah ke industrial elektronik. Adapun hal ini sengaja dipilih oleh ERYA untuk tidak membatasi horison bermusik dari ERYA itu sendiri. Erixon selaku drummer berkomentar: “Walaupun dengan semangat Rock n Roll, kami butuh sesuatu yang agak sedikit berbeda di tiap – tiap lagu yang kami tulis. Prototype pertama dari lagu “Rasuk” pada awalnya lebih berkonsep “Neue Deutsche Härte” yang mana style tersebut diterapkan band seperti: “Oomph!, Rammstein, Megaherz, dll”, tapi setelah 2x pre-pro; pesan yang ingin disampaikan di lagu yang bertemakan “total hopelessness” atau”death of a dream” ini, justru terasa tidak sampai; mungkin karena aransemen awalnya berkesan terlalu bersemangat dan adrenaline pumping, sedangkan di lagu ini kami membutuhkan sesuatu yang lebih moderate, bagai irama detak jantung saat kita akan tertidur dalam kesedihan dan keputusasaan. Kami rasa, formula yang disusun saat ini adalah formula yang paling tepat. Kabar baiknya, karena proses pre-pro tersebut juga, ERYA jadi memiliki sebuah lagu lain dengan style neue deutsche härte; lagu tersebut mungkin akan menjadi single ERYA kembali di masa yang akan datang.”

Dalam rilisan ini, Erixon dan Arya masih tetap secara mandiri bertindak sebagai player, composer, engineer hingga art-director. Dimana untuk proses tracking dilakukan secara pararel di Spectran Studio dan Devious Studio. Sedangkan proses mixing dan mastering ditangani oleh Erixon di Devious Studio. “Rasuk” secara serentak akan di release via digital platform seperti Bandcamp, Youtube, Apple Music, Spotify, Deezer, Resso, Joox dan platform – platform lainnya per-19 Juni 2021.

====================================================================================

For more info:

Instagram: @eryaofficial  

Twitter: @EryaOfficial

Facebook: ERYA

Related Blogs

    Share