Processed with VSCO with al1 preset

Processed with VSCO with al1 preset

ENDAH N RHESA // MERILIS SINGLE VERSI TERBARU “WHEN YOU LOVE SOMEONE”

Salah satu single paling sukses yang pernah diproduksi oleh Endah N Rhesa, “When You Love Someone“, ditulis tahun 2004. Tujuh belas tahun kemudian, lagu ini dimasak dengan bahan baku yang lebih matang, oleh koki-koki berstatus legenda.

Untuk musisi dengan jam terbang tinggi, berpuas diri dengan sebuah kondisi yang telah digenggam, jelas bukan pilihan yang ideal. Ada api besar yang tetap menyala untuk terus mengembara ke wilayah baru yang belum pernah dijelajahi. Perjalanan itu, tentu saja, bisa sukses atau sebaliknya. Keberanian untuk mencoba, sudah menjadi kemenangan tersendiri.

Duo Endah N Rhesa memilih untuk menempuh perjalanan tipe begitu. Lagu paling romantis mereka, “When You Love Someone”, diracik ulang dengan pendekatan yang berbeda.

“Awalnya diajak Chandra dari ChandraCom untuk rekaman di studionya di Kelapa Gading dengan alat-alat yang super high end. Tujuannya bikin file yang hi-res untuk pencinta audiophile. Ini jadi kesempatan berharga untuk kami yang sebelumnya selalu bikin musik di rumah dengan pendekatan yang beda. Tentu saja kita bilang iya,” cerita Endah Widiastuti, vokalis dan pemain gitar.

Sekedar informasi, ChandraCom adalah salah satu barometer teknologi piranti produksi musik bagi musisi-musisi di Indonesia. Tidak hanya teknologi, tapi kemudian proyek ini melibatkan orang-orang terbaik untuk urusan memasak musik di Indonesia. 

When You Love Someoneversi hi-res ini dimixing oleh Eko Sulistyo dan dimastering oleh Indra Lesmana. Mereka dibantu oleh Sadat Effendy. Ketiganya, buat kami, adalah nama-nama yang terpandang di lingkaran audio Indonesia,” lanjut Endah.

Eko Sulistyo sendiri sudah berkali memenangkan berbagai macam penghargaan atas kerjanya di ruang masak musik. Salah satunya adalah kerjasama intens dengan Erwin Gutawa Orchestra. Sementara Indra Lesmana, selain punya reputasi super dahsyat sebagai musisi, memang dikenal punya kemampuan sebagai mastering engineer hebat. Dan Sadat Effendy, merupakan orang yang sering wara-wiri sebagai chief engineer di berbagai macam festival besar di Indonesia.

Rhesa Aditya, pemain bas, menimpali, “Kerjasama dengan biang-biang audio ini dalam satu waktu sekaligus jadi pengalaman yang nggak bisa ditukar apapun sih. Biasanya gue yang mixing dan mastering sendiri. Sekarang dikerjakan oleh mereka.”LaguWhen You Love Someone“, yang versi aslinya muncul di album “Nowhere to Go” yang dirilis tahun 2009 ini, dipilih karena pertimbangan popularitas.

“Menurut gue dan Rhesa, ini lagu paling populer dan orang familiar. Kami juga ingin memberi aransemen yang lebih segar. Karena proyek ini spesial, selain outputnya hi-res audio, juga ada ide untuk memberikan unsur edukasi yang bisa diamati oleh semua orang,” terang Endah.

Unsur edukasi yang dimaksud adalah proses kerja rekaman, mixing dan mastering yang bisa diakses oleh publik. Semuanya bisa disaksikan via kanal Youtube ChandraCom. Setiap prosesnya dikerjakan dari tempat yang berbeda. Rekaman dan mixing dilakukan di Studio ChandraCom, mastering digarap Indra Lesmana di studionya dengan metode audio remote; ia mengendalikan alat-alat di Studio ChandraCom Jakarta via internet dari Bali.

Teknologi terkini memungkinkan hal itu terjadi. Dan itu merupakan satu hal penting yang bisa dicatat dalam produksi “When You Love Someoneversi baru ini.

Menurut rencana, “When You Love Someoneversi baru ini akan dirilis terlebih dulu dalam versi hi-res 24-bit/ 192 kHz yang bisa diakses lewat Storefront (www.the-storefront.club) dan Apple Music mulai 1 September 2021. Selanjutnya, baru kemudian akan tersedia dalam format reguler.

====================================================================================

For more info:

Instagram: @endahnrhesa 

Twitter: @endahNrhesa 

Facebook@EndahNRhesaOfficial  

Youtube: ENDAH N RHESA  

Spotify: Endah N Rhesa

Related Blogs

    Share