endahnrhesa

Setelah berkarir lebih dari satu dekade, Endah N Rhesa akhirnya mengeluarkan album “Live Session” yang direkam saat merayakan ulang tahun pernikahan dan karir mereka pada acara Earnight bulan Desember tahun lalu. Ini merupakan album live pertama Endah N Rhesa dalam membawakan lagu-lagu yang pernah mereka ciptakan sejak awal karir hingga akhir tahun 2019.

 “Tujuan merilis album Live Session ini adalah sebagai dokumentasi rekaman live yang apik dengan partisipasi penonton yang sesuai dengan ekspektasi kami yaitu terdengar intim dan personal.”, ujar Rhesa. Siapa yang menyangka kesempatan tersebut kemudian menjadi langka terjadi di sepanjang tahun 2020 ini.

Awalnya kami ingin merilis album ini pertengahan tahun 2020, namun ternyata pandemi COVID-19 membuat kami mengubah rencana tersebut. Akhirnya kami memutuskan untuk merilis album ini setahun setelah direkam. Ada rasa sentimentil yang luar biasa bahwa sudah hampir setahun kita tidak bisa melakukan kegiatan seperti apa yang ada direkaman ini.”, ujar Endah.

Proses rekaman terbilang cukup menarik yaitu dengan membuka pendaftaran penonton secara terbatas, kemudian mengharuskan penonton membawa earphone/ headphone untuk menghindari kebocoran suara yang tidak diinginkan. Acara berlangsung di Earhouse Pamulang, Tangerang Selatan.

endahnrhesa2

Selain merilis album “Live Session” di layanan streaming digital, Endah N Rhesa juga mengabadikan momen tersebut secara visual bersama Image Maker yang akan dirilis tanggal 28 Desember 2020. Melalui video teaser album yang mereka unggah di aku sosial medianya, bisa terlihat bahwa Endah N Rhesa begitu atraktif mengajak penonton bernyanyi dan beraksi spontan di beberapa lagu agar aransemen terdengar beda dengan rekaman studio yang pernah dirilis. “Karena kami berdua pegang instrumen, kami berpesan pada penonton untuk melihat dan mengikuti komando melalui gestur badan dan kontak mata. Tidak ada instruksi verbal saat pertunjukan berlangsung. Lumayan tegang, tapi menyenangkan!”, ujar Endah. Rekaman dilakukan tanpa jeda sehingga tidak ada proses mengulang saat terjadi kesalahan. “Ya, pokoknya seperti main live saja. Sekali jalan kita rekam. Paling jeda antar lagu saja.”, ujar Rhesa yang selain bermain bass juga menjadi operator rekaman saat acara berlangsung.

Lagu “Before You Sleep” yang pernah dirilis dari album Nowhere to Go (2009) dipilih menjadi single yang mewakili suasana album “Live Session” ini yaitu syahdu dan intim. Secara melodi dan lirik, lagu “Before You Sleep” terasa begitu kontemplatif untuk menemani pelepasan tahun 2020 dengan penuh keheningan dan refleksi diri.

Endah N Rhesa album “Live Session” sudah bisa didapatkan di layanan streaming digital. Mereka juga akan mengadakan premier nonton bareng video dokumentasi “Live Session” tanggal 28 Desember 2020 di kanal Youtube mereka. Semoga album dan tayangan ini bisa menjadi kado penutup tahun 2020 yang manis, optimis, dan harapan bahwa konser-konser musik bisa kembali berlangsung di tahun yang akan datang.

Endah N Rhesa yaitu Endah Widiastuti (gitaris, penyanyi) dan Rhesa Aditya (basis) merupakan duo suami-istri musisi dari Pamulang, Tangerang Selatan. Mereka telah berkarir bersama sejak tahun 2004 dan menikah tahun 2009. Mereka telah mengeluarkan 5 album studio, beberapa single dan mini album kolaborasi, serta meraih banyak penghargaan. Endah N Rhesa juga merilis buku yang menceritakan kisah perjalanan karir mereka berjudul “I’m All Ear’s” yang ditulis Eko Wustuk pada awal tahun 2020.


=======================================================================================

For more info 

Instagram: @endahnrhesa

Related Blogs

    Share