MALANG – Setelah hanya rilis secara eksklusif di Record Store Day Malang dan Tangerang beberapa waktu lalu, grup indie-rock asal Malang Eitherway. akhirnya secara resmi merilis EP perdananya, Hiding in Plain Sight, untuk disajikan ke publik yang lebih luas melalui platform digital pada Minggu (13/5).

“Frasa hiding in plain sight diambil dari bait trek pertama kami di EP, Mono. Dipilih karena kami pikir frasa itu bisa merangkum apa yang ingin disampaikan oleh seluruh trek,” ujar vokalis Eitherway., Bagas Asfriansyah.
“Proses penulisan pada waktu itu dilakukan pada masa-masa kesendirian saya dan Guntur—gitaris Eitherway—di mana pada saat itu mungkin kami terkesan ‘meresapi’ kesendirian itu hingga peristiwa-peristiwa seperti one-sided love dan munculnya pikiran what-if? tentang kehidupan ala pemuda yang ‘berusia tanggung’ pun kerap muncul; itu yang kami tuangkan ke dalam trek-trek di EP ini,“ jelas Bagas yang juga mempunyai proyek solo minor dialogue.

Ia menambahkan, secara figuratif pun idiom “hide in plain sight” itu sendiri berarti “ada namun tak terlihat”; itulah yang mengiaskan kesendirian dan/atau kesepian yang terjadi di EP ini. Condong ingin sendiri—namun tidak introvert—jadi seakan-akan ingin bersembunyi, tapi masih berjalan di khalayak ramai. Singkatnya, lirik-lirik di dalamnya tidak semata-mata menyampaikan kesendirian itu sendiri, namun lebih kepada momen-momen yang terjadi di antaranya.

“Kami juga tidak tahu dan tidak terlalu memperhatikan seperti apa sistem jelasnya; we’re hiding in plain sight, atau malah, hidden in plain sight. Bersembunyi dari keadaan bersosial, atau, disembunyikan oleh sosial karena tidak mau bersosialisasi—kecuali dalam keadaan tertentu. Memang cukup tricky dan beyond words. Itu juga ironi yang ingin kami tekankan, bahwa hidup dalam kesendirian itu sebenarnya tidak sesimpel yang dikira, tidak ‘nikmat’ dan tidak mudah dijalankan pula,” tutupnya.
Berisi lima trek yang diracik oleh tangan handal dari Bagas Yudhiswa (Beeswax), EP yang dirilis oleh label indie ternama asal Malang Haum Entertainment ini juga tersedia dalam format CD.

Related Blogs

    Share