Earhouse-Songwriting-body

EARHOUSE SONGWRITING CLUB X KAMGA X ENDAH N RHESA // RILIS LAGU “PLANET BIRU”

Komunitas pencipta lagu, Earhouse Songwriting Club, berkolaborasi dengan Kamga dan Endah N Rhesa melahirkan sebuah lagu baru berjudul “Planet Biru”. 

Earhouse Songwriting Club adalah komunitas pencipta lagu yang diinisiasi oleh duo Endah N Rhesa sejak tahun 2014 melalui pertemuan rutin di Earhouse Pamulang, Tangerang Selatan. Setiap minggu, mereka melakukan pertemuan dan membebaskan siapa pun yang ingin bergabung untuk bertukar pikiran, memperdengarkan lagu, berdiskusi dan memberikan apresiasi. Untuk penggarapan lagu “Planet Biru”, Earhouse Songwriting dan Endah N Rhesa melibatkan Kamga sebagai penata musik dan pengarah vocal.

“Keputusan kami untuk melibatkan Kamga sebagai penata musik dan pengarah vokal karena ingin memberi pengalaman baru untuk komunitas ini. Biasanya mereka menulis lagu dengan instrumen gitar atau piano, bunyi yang akrab dengan telinga mereka. Sekarang mereka harus menciptakan lagu dengan aransemen elektronik. Ini membuktikan bahwa kita akan tetap bisa menulis lagu dengan musik pengiring apa pun.”, ujar Rhesa (produser, pemain bass duo Endah N Rhesa).

Kolaborasi ini lahir karena dorongan komunitas untuk membuat karya baru dan mengumpulkan semangat mengingat di masa pandemi kegiatan ini sempat terhenti cukup lama. Lagu ini terinspirasi dari berbagai film dokumenter lingkungan hidup dan berbagai sumber lainnya. Para penulis lagu menginterpretasi rasa cinta terhadap alam, kegelisahan mengenai dampak yang terjadi, namun dengan tekad memupuk mimpi untuk menjaga api kebahagiaan dan kehidupan agar terus berkobar. Dengan latar belakang tersebut maka lagu ini diberi judul “Planet Biru”.

Harusnya ulang tahunku tak musim hujan”, sebuah penggalan lirik yang sarat makna dari Adam Maulana tentang pergeseran musim/ perubahan iklim yang menjadi problema saat ini tertuang dalam lagu “Planet Biru”.

Proses pembuatan lagu “Planet Biru” terbilang singkat dan menarik. Kamga datang ke studio Earspace Pamulang dengan aransemen musik dasar. Sebelas penulis lagu dari Earhouse Songwriting Club berkumpul pada hari yang sama, mendengarkan aransemen tersebut, dan hanya memiliki waktu sekitar 1 jam untuk menulis bagian yang akan mereka nyanyikan dan langsung direkam.

Video musik lagu “Planet Biru” tayang perdana di Youtube Earhouse tanggal 1 November 2021 menampilkan suasana rekaman dan beberapa stok gambar yang diambil di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Audio “Planet Biru” tersedia di berbagai layanan musik digital tanggal 5 November 2021.

===================================================================================

For more info : 

Instagram: @earhouseswc @earhouse @endahnrhesa @kamga_mo

Twitter: @earHouse @endahNrhesa 

Youtube: Earhouse by Endah N Rhesa

Related Blogs

    Share