Drewgon-body

DREWGON  MERILIS SINGLE PERTAMA “PULANG”

Rapper juga Songwriter asal pulau Kei, Drewgon akan segera merilis single pertamanya di tahun 2021. “PULANG” rencananya akan dirilis (music videonya) di YouTube pada tanggal 16 Juni 2021, bertepatan dengan ulang tahun Drewgon yang ke-21, kemudian baru rilis di seluruh digital music platform pada 18 juni 2021. Single ini menceritakan tentang kerinduan akan rumah dan keluarga, keinginan untuk pulang. Drewgon ingin mengingatkan semua yang mendengarkan lagunya ini bahwa saat kita sedang berada di tengah kesibukan entah sedang bekerja atau apapun itu jangan pernah lupa bahwa ada keluarga yang menanti di rumah.

Di verse 1, Drewgon membahas tema “PULANG” secara lebih general/umum yang dibawakan menggunakan full bahasa Indonesia dengan harapan semua yang mendengarkan lagu ini bisa merasa relate, sedangkan di verse ke-2, Drewgon membahas tema “PULANG” secara lebih personal dengan menggunakan bahasa Maluku yang dicampur dengan bahasa Indonesia, dimana dia bercerita tentang bagaimana dia yang merupakan seorang perantau di Jakarta tinggal sendiri jauh dari keluarganya dan sudah lama tidak pulang, sudah lama tidak berjumpa dengan keluarganya yang tinggal di pelosok, sebuah desa di Maluku Barat Daya yang bernama desa Tepa. Setelah kurang lebih 3 tahun, Drewgon akhirnya harus pulang ke kampungnya karena mendapat kabar bahwa ayahnya sedang sakit.

Dia juga bercerita di dalam lagu ini, tentang bagaimana kabar tentang ayahnya yang sedang sakit membuat pikirannya menjadi kacau dan segala sesuatu yang dikerjakannya menjadi kacau, dia pun akhirnya berusaha untuk menyelesaikan semua pekerjaan di Jakarta sambil mengumpulkan uang untuk pulang. Lagu ini diciptakan di tengah-tengah kekacauan batinnya menghadapi semua masalah tersebut. Drewgon pulang ke kampung dimana ayah dan ibunya tinggal dan kerja yaitu Tepa (Maluku Barat Daya), setelah itu dia juga pulang ke kampung asalnya Kei (Maluku Tenggara) untuk bertemu dengan kakek, nenek, dan saudaranya.

“PULANG” adalah perpaduan musik Hip-Hop dengan musik Folk. Dibalut dengan alunan musik folk yang simple dengan permainan gitar acoustic, Drewgon membagikan cerita dan perasaannya di dalam 2 verse yang dikemas dengan storytelling rap dicampur dengan melodic rap, metafora dan permainan lirik sederhana yang mudah dipahami. Secara tema, lagu ini lumayan berat, tetapi secara keseluruhan musik, Drewgon mengemasnya dengan ringan dan catchy agar dapat dinikmati oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun.

Setelah merilis EP perdananya “Mind Prison” di tahun 2020 yang cukup menarik banyak perhatian penikmat musik Hip-Hop di tanah air, dan melakukan banyak kolaborasi dengan beberapa musisi papan atas Indonesia, seperti Gerald Gerald, Iga Massardi, Mardial, Tuan Tigabelas, dan Yacko, Drewgon akhirnya muncul dengan single terbarunya di pertengahan 2021.

“Entah apapun yang kita kejar di dunia ini, sejauh manapun kita berlari, setinggi apapun kita terbang, dan sedalam-dalamnya kita tenggelam, harus tetap ingat bahwa ada rumah yang selalu menunggu kita pulang,” kata Drewgon

Andrew Milenio Retanubun atau yang lebih dikenal  dengan nama Drewgon memulai karir bermusiknya pada tahun 2018 saat merantau di Jakarta. Pemuda kelahiran Kei (Maluku Tenggara) ini adalah seorang  Rapper, Song Writer, dan juga Videographer yang menggunakan  musik rap sebagai tempat untuk bercerita tentang kehidupannya dan curhat tentang  segala hal yang ada di dalam pikirannya.

Pada akhir tahun 2018, Drewgon sempat mengikuti sebuah kompetisi Hip Hop Indonesia berskala nasional yaitu Beef Rap Battle dengan juri hebat seperti Iwa K, Saykoji, Laze dan berhasil terpilih sebagai 100 terbaik dari 1000 lebih orang yang mengikuti kompetisi tersebut. Tidak berhenti disitu, Drewgon terus mengikuti hampir semua kompetisi Hip Hop yang ada di Jakarta dengan alasan untuk mencari pengalaman dan koneksi. Di tahun 2019, Drewgon kembali mengikuti sebuah kompetisi Rap yang diadakan oleh Super Music dan Kaskus dengan Derry “NEO”, Ben Utomo, Bonie MC sebagai juri, bersama dengan damero., mereka berhasil mendapatkan juara 2 di kompetisi tersebut.

Drewgon telah merilis  beberapa single seperti “Kas Panas”, “Roller Coaster”, “Nanti”, “U Can’t Stop  Us“. Ia juga telah merilis sebuah EP dengan judul “Mind Prison” di pertengahan tahun 2020 yang sukses menarik banyak perhatian. Drewgon telah berkolaborasi  dengan beberapa musisi besar seperti Gerald Gerald (Weird Genius), Iga Massardi, Mardial, Tuan Tigabelas,  Ben Utomo, Yacko dan lainnya.

Drewgon adalah salah satu founder dari  DREAMFILLED, sebuah kolektif hip hop di Jakarta yang awalnya bergerak di bidang media dan event organization, sekarang  aktif di industri musik Hip Hop dan menaungi beberapa rapper muda hebat di Jakarta. DREWGON juga adalah founder dari RF  (Retanubun Films) yang bergerak dalam bidang visual dan telah menggarap banyak video clip untuk musisi-musisi besar di industri Hip Hop.. Selain lagu,  ia juga telah berperan besar dalam membuat event-event hip hop di  Jakarta, seperti Suara Untuk Sentani, Lyrical Cafe, DreamTalks dan  DARTS.

Drewgon sudah pernah mencicipi beberapa panggung  besar di Jakarta seperti Soundrenaline, FLAVS, Hip Hop Asongan, dll.

===================================================================================

For more info

Youtube :  It’s Drewgon

 


Related Blogs

    Share