DIRA - Body

DIRA // MERILIS ALBUM “SOMETHING ABOUT THE GIRL”

Dira Sugandi yang kini lebih dikenal dengan nama DIRA kembali merilis album debutnya “Something About The Girl” pada 21 September 2021 dalam edisi deluxe format. Ditetapkan untuk memasukkan lagu bonus “Carry Me“, album ini awalnya dirilis pada 2010 dan diproduksi oleh Jean-PaulBlueyMaunick dari Incognito, yang meminta DIRA untuk terbang ke London pada 2007 untuk memproduksinya bersamanya. Momen itu menjadi titik awal untuk “Something About The Girl”. Karena aktivitas masing-masing dan jarak geografis di antara mereka, butuh hampir tiga tahun untuk menyelesaikan album. Selain London, sesi rekaman juga dilakukan di Jakarta dan Bali.

“Sepanjang karir saya, saya dikenal sebagai penyanyi lagu-lagu besar atau festival, yang saya tidak punya keluhan. Tetapi saya masih merasa bahwa ada kebutuhan untuk menunjukkan sisi lain dari diri saya yang belum dilihat orang. Dan salah satu sisi itu sudah direkam dengan penuh percaya diri di ”Something About The Girl”, jadi saya pikir kita bisa mulai dari sana,” kata DIRA.

Lagu bonus “Carry Me” seharusnya dimasukkan dalam salinan awal album pada tahun 2010, tetapi rencana itu dibatalkan karena sifat temanya yang suram. Liriknya menceritakan keprihatinan DIRA tentang kondisi manusia yang buruk yang terjadi di berbagai negara pada saat itu. ““ Bluey memberi tahu saya, ‘Saya pikir Anda seharusnya tidak membicarakan topik seperti ini sekarang. Kamu masih muda, jadi tetaplah bersinar!’” kenang DIRA.

Namun, tidak ada yang tahu pada saat itu bahwa lirik lagu itu akan tetap relevan lebih dari satu dekade setelah diluncurkan, terutama ketika dunia masih jauh di dalam jurang pandemi.

“And life becomes a war/that we can’t breakthrough There is hunger and there is pain/And hope fading in the burning flame Sweet love won’t you penetrate our hearts/Won’t you please lift us up…”

Yang lebih menarik adalah asal usul judul album tersebut. DIRA sedang dalam sesi pemotretan promosi ketika dia mendengar fotografer berkata, “Ada sesuatu yang misterius tentang gadis ini …”.

Bluey juga menangkap apa yang dikatakan fotografer. Dan dengan sedikit perubahan, mereka memutuskan untuk menggunakan “Something About The Girl” sebagai judul album debut DIRA.

Salah satu misi utama yang disepakati DIRA dan Bluey sejak awal adalah agar album ini melibatkan musisi Indonesia lainnya. Setelah serangkaian diskusi, mereka memilih pemain seperti Tohpati, Indro Hardjodikoro, Barry Likumahuwa, dan Ari Firman dari The Groove. Penyanyi Rieka Roslan juga menyumbangkan salah satu lagunya dalam album berjudul “Kucemburu”.

“Untuk lagu berbahasa Indonesia lainnya, saya memilih ”Kami Cinta Indonesia” milik mendiang Harry Rusli. Secara pribadi, menurut saya, sayang sekali sebagian besar generasi muda tidak terlalu mengenal karya-karyanya,” kata DIRA. Semua musisi yang berkontribusi dalam lagu ini adalah orang Indonesia, antara lain Imam Pras, Rudi dan Ari Renaldi dari Bandung, dan Rio Sidik dari Bali.

“Ketika kami selesai merekam lagu, saya mengirimkannya ke Bluey, Matt (Cooper, keyboardist Incognito), dan beberapa orang lain di London untuk mereka dengarkan. Mereka semua pada dasarnya mengatakan hal yang sama, ‘Oh my God, it’s so well-produced! And even though we don’t understand the lyrics, it resonated with us so well. So touching!’”ujarmya.

====================================================================================

For more info:

Instagram: @dirasugandi 

Twitter: @dirasugandi 

Facebook@DiraMusic  

Youtube: DIRA official 

Spotify: DIRA

Related Blogs

    Share