designer-azzedine-alaia-dead-1

Designer yang lahir di Tunisia, Azzedine Alaïa, menghadap ke Sang Pencipta di usianya yang sudah 77 tahun berdasarkan konfirmasi dari Federasi Haute Couture dan Fashion Perancis. Gaun-gaun yang dibuat oleh Alaïa pernah dipakai selebriti dari Greta Garbo, Grace Jones, Lady Gaga,  bahkan istri mantan presiden Amerika Serikat, Michelle Obama.

Lahir sekitar tahun 1940 di tengah keluarga petani, Alaïa – yang selalu menggunakan pakaian berwarna hitam – memulai karirnya di rumah mode Perancis seperti Christian Dior, Guy Laroche dan Thierry Mugler. Namun setelah membuka usahanya sendiri ia malah tidak sering tampil di Paris Fashion Week.

Lebih dari empat dekade dihabiskan Alaïa untuk berkecimpung di dunia fashion. Ia memiliki reputasi karena acap kali menolak mengikuti kalender fashion internasional dan hanya mengeluarkan koleksinya saat dirasa siap. Salah satu yang membuat karirnya melejit adalah design gaunnya yang mengutamakan lekuk tubuh wanita, atau yang lebih sering disebut dengan body-hugging design.

Direktur umum UNESCO, Audrey Azoulay, yang mana juga mantan menteri kebudayaan Perancis berkata bahwa, “ Alaïa merupakan seorang genius yang menghubungkan fashion, arsitektur dan patung, membuat gaun yang selalu dapat menonjolkan bentuk tubuh wanita dalam cara yang baik.”

Dunia fashion berduka atas kehilangan salah satu desainer visioner dalam setengah abad terakhir.

Related Blogs

    Share