DE-01

DEMONSTRATION EFFECT terbentuk di medio 1997 dengan konsep Old School Death Metal dengan aroma brutal ini mungkin dapat dikatakan salah satu band pioneer di awal pergerakan skena Underground di Bali saat itu. Di awal terbentuknya DEMONSTRATION EFFECT ber-line up: Leonk (Drums & Vokal), Agus Komar (Bass), Surya (Guitar), dan Palwod (Vocal). Line up ini dengan maskot sang drummer Leonk di kala itu sempat mencuri perhatian dengan skillnya yang terlihat berbeda dengan lainnya terutama saat double act vocal sambil bermain drum ini sempat menjajal berbagai event baik di Bali maupun di Pulau Jawa.

Dengan line up ini kisaran tahun 2000 DEMONSTRATION EFFECT berkeinginan untuk menggarap mini album. Namun musibah dialami karena home studio tempat recording mengalami musibah berakibat hilangnya materi yang sudah digarap. Sejak saat itu para personil seolah kehilangan semangat untuk menggarap album tetapi tetap bermusik dengan menjajal panggung disaat mendapatkan kesempatan. Akhirnya di tahun 2002 / 2003 karena selain mulai disibukkan dengan kegiatan masing-masing juga dengan adanya personil yang pindah domisili (Leonk dan Palwod hijrah ke Lombok dan Bandung) akhirnya band memutuskan hiatus dengan sendirinya.Di tahun 2007 muncul semangat baru DEMONSTRATION EFFECT berkeinginan untuk aktif kembali bermusik dengan nama baru yakni HUMAN DEMISE karena merasa line up mengalami perubahan menjadi: Agus Komar (Bass), Surya (Guitar), Dharma (Drums) dan Chaplin (Vocal).

Dengan formasi ini mesin band akan kembali di starter di berbagai pagelaran musik dan bertahan sampai saat ini serta sepakat untuk menggarap album penuh dengan ditandai kembalinya digunakan nama DEMONSTRATION EFFECT maka di kurun waktu 2013-2017 materi lama dikulik kembali ditambah materi baru untuk kilas balik pada skena setelah 2 dekade band ini berdiri baru serius menggarap debut album.

Pada saat penggarapan materi dan proses recording, DEMONSTRATION EFFECT kembali mengalami repetitif kendala klasik dengan beragam kesibukan personilnya. Tetapi pada tahun 2018 semua proses album dapat diselesaikan dan setelah penantian panjang di tahun 2020 ini DEMONSTRATION EFFECT baru berkesempatan akan merilis debut album secara sederhana berkonsep DIY karena kondisi prihatin pandemi dengan title HUMAN DEMISE bekerja sama dengan Label “Underrated” lokal Infect Art Production.

Demonstration Effect bersama MAVE ON TV berkejasama untuk menggelar Launching Album Human Demise yang disiarkan secara Live melalui akun instagram Mave Magazine pada tanggal 08/08 lalu. Penasaran seperti apa keseruannya? Langsung aja simak  obrolan lengkapnya di bawah ini.


=======================================================================================

 

Related Blogs

    Share