damero-01

X the River” adalah single kolaborasi antara Damero, Ken Aldino dan ComboTrial yang berisi curahan isi hati mereka dengan nuansa yang gloomy. Gagasan dan konsep lagu ini sebenarnya sudah direncanakan setahun lalu, akan tetapi karena ketiga rapper ini tinggal di kota yang berbeda-beda (Jakarta, Bekasi, Tangerang) dan beberapa faktor lainnya, maka single ini baru bisa dirilis pada tanggal 23 Oktober 2020.

Alunan piano dengan chord minor dikombinasikan dengan ketukan drum boombap klasik yang membalut instrument single ini terinspirasi dari salah satu produser yang melegenda asal Jepang, Nujabes. Pada verse pertama yang diisi oleh DameroDamero berkeluh kesah tentang sulitnya menjaga kondisi mental di tengah sibuknya kehidupan ibukota. Pada verse kedua, Ken Aldino mengeluhkan tentang kondisinya yang tidak dipercaya oleh kerabat ataupun keluarganya dalam memilih jalan hidup. Pada verse ketiga, Combo Trial mencurahkan isi hatinya tentang cara kerja industri musik tanah air yang tidak sejujur yang terlihat. Kemudian Combo Trial menyuguhkan ide kepada Damero. sebagai produser untuk memasukkan potongan acapella dari Noise dalam lagu “Sex Party” (bersama Shotgundre dan Joe Million). Kalimat yang dikutip dari Noise dalam lagu ini adalah “Kita semua pelacur yang bedain cuma harga” karena menurut mereka pada era sekarang ini apa saja bisa dibeli jika ada uang, bahkan hati nurani sekalipun.

Video Klip dari single ini pun dikemas dengan warna seperti pada tahun 80-an dengan cerita dan karakter yang berbeda-beda tiap partnya. Andrew Retanubun sebagai Head Project memberikan sentuhan plot twist sehingga visual dari single ini serasa film yang akan dirilis bersamaan dengan perilisan di semua digital platform.


=======================================================================================

For more info

Instagram : @damerooo , @combotrial , @kenal.dino

Related Blogs

    Share