CD-bodyCRYPTICAL DEATH MERILIS SINGLE “BONGKAR”

Proyek single “Bongkar!” ini bukanlah hasil karya Cryptical Death sebagai kolektif saja. Seperti Howard Becker kami melihat disetiap karya ada orang-orang baik lainnya yang terlibat dibaliknya. Kadang mereka ditepi sunyi, kadangkala mereka terlihat dalam satu kesatuan. Ide Bongkar! Muncul disaat gitaris kami menemukan sebuah rif gitar dikepalanya dan Eureka! Ia berkata “gue ada materi nanti pakai kata Bongkar ya”. Vokalis kami yang sebelumnya melihat bahwa tema pada proyek album ketiga kami adalah kegelapan dan paska apokaliptik tersentak: “Ya Bongkar bisa jadi pembuka secercah sinar harapan dalam lorong yang gelap ini”. 42 detik durasi lagu “Bongkar!” menghentak dan membangkitkan kami pada kenyataan bahwa dibalik kegelapan ada secercah cahaya. Seperti petinju yang jatuh terkapar, “Bongkar!” adalah kejutan dihitungan ke-9 wasit yang menyadarkan kami untuk bangun dan bangkit dalam menghadapi pandemi ini.

Dari satu kebaikan menuju kebaikan lainnya. Kami yang terdiri dari Karib (Vokal), Farid (Gitar), Bagus (Bass) dan Jepunk (Drum) meramu Single “Bongkar!” yang direkam dipenghujung bulan Desember 2020. Tepat satu tahun pandemi berlangsung kami bertemu dengan Salim (@jafar_iris) gitaris band SLFR (@slfrofficial) dan sound engineer di studio Apache (@apachestudio). Dari tangan dingin Salimlah kolaborasi mewujudkan “Bongkar!” dalam musikalitas grinding hardcore punk dapat terealisasi. Sahabat-sahabat kami dalam latar vokal Benkbenk (@benk_2_sp), Carol (@klinikjiwa.id), Reza (@rezasyairozi), Ncek (@ricky_mononutu) dan Dhani (@dani_m_ramadhan) memperdalam nuansa vokal yang ada.

Dalam perjalanannya kami bertemu dengan Imam (@iag22) dan Agung (@agunginnocenti) dari Smartest Bomb Records (@smartestbombrecs). Mereka bersama Rastika Begenk (@genxs), Firman (@pimenpi) dan anggota kolektif Smartest Bomb adalah orang-orang baik yang berasal dari akar yang sama dari kami yaitu komunitas Punk dan Skinhead. Banyak label besar yang dapat kami tumpangi untuk publikasi, namun Smartest Bomb memiliki apa yang ada dihati kami. Akar komunitas Punk, Skinhead serta Hardcore dan setia pada nilai keadilan adalah dasar ikatan kami berkolaborasi dalam “Bongkar!” Terobosan merayakan 1 Mei sebagai bagian rutin sebuah label rekaman merupakan suatu nilai lebih yang menjadi pertimbangan kami dengan Smartest Bomb Records bahwa kritik sosial dan solidaritas bukanlah gimmick tetapi komitmen pada keadilan! Atas dasar ini juga kami bersama Smartest Bomb memilih hari Keadilan Internasional pada 17 Juli 2021 sebagai hari rilis Video Klip “Bongkar!”

===================================================================================

For more info

Instagram: @smartestbombrecs

YouTube: Smartest Bomb Records

Facebook: Smartest Bomb Records


Related Blogs

    Share