cross4Memiliki minat yang sama dalam memilih medium fotografi, Tanubrata, Sjaiful Boen dan Fanny Octavianus, 3 seniman yang tinggal dan berkarya di Jakarta akan berpameran di Cata Odata, Ubud dari 1 – 30 April 2016. Pameran berjudul ‘Crossroad’, mengajak pemirsa untuk menyusuri karakter karya masing-masing yang berbeda satu dengan yang lain.

cross2Kun Tanubrata adalah seorang auditor profesional yang mulai menekuni fotografi menggunakan kamera analog sejak awal tahun 2000-an. Seiring berjalannya waktu, keseriusannya menjalar hingga ke wilayah seni rupa dengan berfokus pada figur tunggal (potret). Melalui olah teknis perangkat lunak photoshop untuk menggubah gambarnya, Kun menyisakan fokus pemirsa pada ekspresi wajah dan gerak dari figur tersebut.

Sjaiful Boen memiliki rasa ketertarikan untuk mengolah narasi visual di dalam karyanya. Dengan menggunakan kamera polaroid ia merekam berbagai aspek keseharian yang dilaluinya dari Januari hingga pertengahan Maret 2016. Di beberapa karyanya, ia menghadirkan suasana kawasan Thamrin (Sarinah) seminggu pasca tragedi ledakan bom dan penembakan oleh teroris. Kamera polaroid yang ia gunakan akan memberi efek otentik sekaligus representasi instan tanpa adanya gubahan yang berarti.

cross3Fanny Octavianus adalah seorang fotografer jurnalistik yang bekerja untuk kantor berita Antara. Dalam pameran ini ia menampilkan penyusunan ulang dari karya-karyanya sebagai barang seni. Kemampuannya untuk menangkap momen penting dan detail dari sebuah peristiwa adalah salah satu dari kekuatan terbesarnya, meninggalkan pemirsa sebuah impresi yang dalam dari sebuah ‘realitas’.
Strategi kreatif yang diadopsi oleh ketiga perupa foto di atas dalam proses mencipta karya dan display juga patut diamati. Kun Tanubrata, sebagai contoh, mencetak hasil karyanya di permukaan kayu, sedangkan penggunaan akrilik bening dalam teknis display yang dipilih Sjaiful Boen menangkap kejujuran melalui transparansinya. Berbeda dengan lazimnya foto yang dicetak pada kertas, teknik cetak mutakhir tersebut telah melangkah melampaui pemaknaan atas fotografi itu sendiri.

“Crossroads” akan memberi para pemirsa sebuah nilai apresiasi lebih tentang perkembangan seni rupa fotografi. (DSW)

cross1

PERS & INFORMASI UMUM :
cataodata@gmail.com
(+62) 8 12 12 12 6096
CATA ODATA
Jl Penestanan Kelod
(Pertigaan depan Pura Dalam)
Ubud – Gianyar – Bali
80571

Related Blogs

    Share