Jika Anda benar-benar penikmat seni yang baik, artwork dalam sebuah cover album bukanlah sesuatu yang bisa Anda lewatkan sebelum mendengar lagu-lagu dalam album itu sendiri. Tidak sedikit yang berhasil mengeksekusi desain dalam sebuah cover album, namun tidak banyak yang berhasil melegenda dan dikenang selama bertahun-tahun. Berikut COVER ALBUM TERBAIK DUNIA :

The Beatles – Abbey Road

Album4

Mungkin, tidak ada satu orang pun di Bumi yang tidak mengenal cover album The Beatles ini walaupun mereka melihatnya dalam format yang berbeda. Diambil di luar studio EMI di Abbey Road, foto ini telah ditiru oleh banyak fans termasuk dari kalangan musisi sendiri. Bahkan The Simpsons sempat membuat tiruan yang sama persis dengan cover ini menjadikan cover album ini menjadi salah satu cover album terbaik dunia.

The Clash – London Calling

Album1

Demi menggambarkan idealisme punk rock, apalagi yang bisa diharapkan dari cover album terbaik dunia ini? Kemarahan dan jiwa liar seorang Paul Simon benar-benar terpancar hanya dengan sebuah foto, and it’s so rock n’ roll. The Clash melawan arus dengan memilih untuk membanting bass alih-alih gitar, seperti yang banyak dilakukan rocker lainnya. walaupun Penny Smith sang photographer awalnya tidak ingin memakai foto ini karena alasan missed focus, namun makna di dalamnya tetap lebih penting dari sebuah teori fotografi semata. 

Joy Division – Unknown Pleasures

Album6

Semua yang terlihat dari cover Unknown Pleasures adalah hal yang cool, termasuk keberanian mereka untuk tidak mencantumkan nama band dan judul album dalam sebuah album debut. Banyak yang menebak gambar tersebut sebagai pegunungan atau ombak, namun gambar tersebut merupakan 100 successive pulses dari pulsar pertama yang pernah ditemukan, PSR B1919+21. Desainernya adalah Peter Saville yang juga menangani cover dari beberapa album milik New Order dan Pulp. Cover album ini memang layak sebagai salah satu cover album terbaik dunia.

Nirvana – Nevermind

Album3

Spencer Elden, sang bayi dalam album ini masih dinobatkan sebagai pemilik dari foto bayi paling terkenal di dunia. Digambarkan sedang mengejar selembar uang dolar di dalam air, foto ini merefleksikan mindset dari sebuah band bernama Nirvana. Album ini meledak dengan single Smells Like Teen Spirit. Cover ini bahkan sempat di-remake ulang oleh seorang atlet renang terkenal bernama Ryan Lochte menjadi salah satu cover ini menjadi cover album terbaik dunia

The Velvet Underground – The Velvet Underground & Nico

Thumbr

Experimental rock mungkin bukanlah santapan semua orang, namun cover album hasil design Andy Warhol ini mampu menyentuh hati berbagai kalangan. Tidak banyak cover album era 1960an yang dieksekusi sebaik ini, dan kehebatan yang dihasilkannya cukup terbukti. Cover ini membantu materi lagu-lagu dalam album The Velvet Underground & Nico menjadi salah satu album yang tidak bisa dilewatkan begitu saja dan cover album terbaik dunia

Rage Against The Machine – Rage Against The Machine

Album5

Foto ini sebenarnya telah fenomenal sejak 1960-an, namun tidak dalam bentuk cover album sehingga menjadi salah satu cover album terbaik dunia. Biksu Vietnam bernama Thich Quang Duc ini sangat terkenal karena aksi bakar dirinya, dan masih dikenang sebagai salah satu tokoh yang dikenang di Vietnam. Rage Against The Machine mengusung tema politik dan protes keras dalam musiknya, menggunakan foto Thich Quang Duc sebagai simbol dari awal perjalanan mereka lewat album debut berjudul Rage Against The Machine. 

Pink Floyd – The Dark Side of The Moon

Album2

“Classy and smart” adalah komentar yang paling pantas ditujukan bagi cover album The Dark Side of The Moon milik Pink Floyd. Sang desainer Storm Thorgerson meninggal pada 18 April lalu, namun karyanya berupa cover album ini masih dikenang sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa. Ia bergabung dalam Hipgnosis, design group asal London yang telah menangani artwork milik Led Zeppelin, The Who, The Mars Volta hingga Muse. Tidak heran jika The Dark Side of The Moon menjadi salah satu cover album terbaik dunia, Hipgnosis memang berisi deretan bakat brilian di dalamnya.

teks & photo by Sumber


Related Blogs

    Share