edukasi-ke-masyarakat-ttg-Animal-Welfare - Copy

Halo Animal Shanti! Denger-denger baru aja ulang tahun, dirayakan dimana dan bagaimana?
Iya, tanggal 18 Agustus kemarin kita genap 1 tahun. Kita ngadain kompetisi via twitter, yaitu #1day1act, disini kita ngajak masyarakat untuk melakukan 1 aksi setiap hari yang berhubungan dengan isu satwa dan lingkungan, dan kemudian foto aksi tersebut diunggah ke twitter. Selain itu kita juga ngadain #artcampaign bertemakan stop sirkus lumba dengan membuat 1 karya seni berupa doodle, drawing, painting, digital imaging, dan lain-lain dengan tema penolakan sirkus lumba-lumba. Pemenang #1day1act dan #artcampaign akan mendapatkan hadiah spesial dari kita.

 

Selama setahun ini kegiatan apa saja yang sudah diadakan oleh Animal Shanti untuk mempropagandakan perjuangannya menyejahterakan satwa?
Kita pernah ngadain dogwalk dalam rangka kampanye #SaveBaliDogs– aksi kampanye peningkatan kesadaran masyarakat tentang anjing Bali dan edukasi tentang rabies, street feeding – acara rutin memberi makan dan obat-obatan pada hewan liar, movie screening, penyelamatan satwa, dan kampanye media sosial. Kita juga sudah berkali-kali mengadakan garage sale Animal Shanti di kafe atau banjar karena organisasi kami bergerak hanya dari donasi, keuntungannya orang-orang bisa mendapat barang bagus dengan harga murah dan kami tetap bisa membantu satwa.

street-feeding-Animal-Shanti-(3)

Dari sekian banyak kegiatan yang diadakan oleh Animal Shanti yang paling seru dan berkesan yang mana nih?
Setiap kegiatan yang kami lakukan punya tantangan tersendiri sih. Yang paling menarik mungkin kampanye Stop Sirkus Lumba. Kita bekerjasama dengan Jakarta Animal Aid Network dan organisasi lainnya. Disini kita juga menemukan banyak tantangan dan kesulitan yang sebelumnya belum pernah kita alami.

lumba2-di-kolam - Copy

Bagaimana respon dari masyarakat sejauh ini terhadap Animal Shanti?
Sejauh ini kami selalu mendapatkan respon positif. Di media sosial kami mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan, begitu juga aksi-aksi yang kami lakukan di lapangan. Kami bisa bertemu dengan orang-orang yang mempunyai visi misi sama, organisasi serupa, juga orang-orang yang mau membantu kami dalam melaksanakan visi misi kami.

Gimana sih awal terbentuknya komunitas ini? Tujuannya seperti apa?
Animal Shanti terbentuk dari keprihatinan beberapa orang tentang rendahnya kesadaran masyarakat Bali mengenai kesejahteraan satwa. Komunitas ini bertujuan untuk memberikan edukasi pada masyarakat tentang penyejahteraan satwa.

street-feeding-Animal-Shanti-(5)

 

Sebelumnya komunitas Animal Shantisempat bernama Welfarian Bali, apa yang membuat Animal Shanti memutuskan untuk mengganti identitas?
Awalnya kita menggunakan nama Welfarian Bali dan ada di bawah payung Welfarian Indonesia. Namun di tengah jalan ada beberapa benturan prinsip yang membuat kita akhirnya memutuskan untuk mengganti nama menjadi Animal Shanti. Sejak awal kita memang lebih memilih fokus pada edukasi, bukan aksi penyelamatan semata. Ga ada perubahan berarti yang terjadi. Kita hanya jadi lebih mandiri dan lebih fokus pada visi misi Animal Shanti.

Sekarang sepertinya Animal Shantilagi concern ke penyelamatan lumba-lumba. Apa sih yang lumba-lumba alami sampe akhirnya Animal Shanti merasa isu ini urgensinya tinggi?
Saat ini lumba-lumba mengalami eksploitasi besar-besaran sebagai objek komersial dengan kedok edukasi dan konservasi. Selama di penangkaran mereka tidak diperlakukan dengan sebagaimana mestinya, bahkan cenderung buruk. Hal itulah yang membuat kita gencar mengkampanyekan penyelamatan lumba-lumba ini. Kampanye Stop Sirkus Lumba ini sudah kita lakukan sejak lama, dengan memberikan edukasi tentang lumba-lumba hingga kita memproduksi sebuah film mini dokumenter  “The Captivated Smile” (bisa dilihat di Youtube). Terakhir, kita melakukan aksi damai menolak adanya dolphin captivity di Wake, Keramas, Gianyar.

Selain lumba-lumba, anjing bali juga jadi isu yang santer dibahas. Seberapa parah sih eksistensi anjing Bali sejauh ini?
Anjing Bali adalah anjing cerdas dengan ketahanan fisik yang mengagumkan, sebenarnya jauh lebih mudah merawat anjing bali dibandingkan dengan anjing ras lainnya. Sayangnya, mereka sering dapat perlakuan yang tidak pantas, mulai dari anak-anak anjing yang dibuang pemiliknya, banyaknya anjing liar yang dituduh sebagai pelaku utama merebaknya wabah rabies, hingga kasus penculikan dan perdagangan daging anjing bali. Karena itu kita mengangkat anjing bali sebagai salah satu fokus kampanye Animal Shanti.

rescued---perawatan-lalu-terpaksa-PTS-krn-kondisi-sangat-parah-(1)

Cara-cara simpel apa yang bisa dilakukan oleh pembaca MAVE yg ingin terlibat dalam penyelamatan satwa?
Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membantu satwa, diantaranya: pelihara satwa peliharaanmu dengan baik, jangan memelihara satwa liar, perbanyak pengetahuan tentang satwa dan bantu sebarkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, jangan memelihara satwa bila secara finansial dan emosional kamu belum sanggup untuk bertanggung jawab, dan masih banyak lagi.

Kalo ingin ikut serta menjadi volunteer di kegiatan-kegiatan Animal Shanti bisa hubungin kemana?
Semua orang bisa bergabung menjadi volunteer kami, silahkan datang saja ke acara-acara yang kami adakan.

Untuk informasi bisa ikuti kami di social media

Twitter : @AnimalShanti
Facebook page : Animal Shanti
Email : animalshanti@gmail.com

Related Blogs

    Share