poster collaborACTIONKarya seni populer tak melulu melekat pada musik dan film, karena arsip visual pada seni fotografi juga mulai menunjukkan geliatnya. Keterkaitan antara seni musik dan fotografi dapat memunculkan nilai estetika ketika keduanya dapat menyampaikan pesan secara verbal melalui medium visual yang disebut karya fotografi. Kolaborasi pada kedua karya seni tersebut adalah tentang pendokumentasian fotografi dalam sebuah panggung pertunjukan musik.

Dalam perjalanannya, konser musik dengan skala besar atau kecil secara terus-menerus hadir dan selalu menarik untuk dikunjungi. Massa yang hadir pada sebuah panggung pertunjukan musik pun datang dengan tujuan berbeda-beda. Beberapa orang datang untuk sekedar menonton maupun menikmati panggung pertunjukan dan beberapa orang lainnya sengaja hadir untuk mendokumentasikan musisi yang bermain pada panggung pertunjukan musik tersebut. Arsip dokumentasi dari para pemburu foto panggung pertunjukan musik jelas penting dalam proses untuk merekam jejak sejarah perkembangan musik.

Dedi Widianto dan Gaharu Jabal pernah bersama-sama tergabung sebagai stage potographer dalam sebuah proyek majalah musik digital Anekdotmagz.com yang dikerjakan secara kolektif. Sinergi antara musik, fotografi, dan jejak rekam sejarah perkembangan hingar bingar panggung pertunjukan musik inilah yang mendasari dua pemuda Dedi dan Gaharu untuk kemudian membuat sebuah proyek pameran kolaborasi karya-karya fotografi panggung atau stage photography dengan tajuk collaborACTION.

Pameran musik fotografi ini akan dihelat pada tanggal 8 s/d 10 Mei 2015, bertempat di Malang Digital Lounge Di.Lo (Jl. Basuki Rahmat no. 7-9) Malang, Jawa Timur. Pameran ini dibuka untuk umum selama 3 hari (Jumat, Sabtu, dan Minggu) berturut-turut mulai dari pukul 10.00 – 22.00 WIB, kecuali pembukaan pada hari Jumat, tanggal 8 Mei 2015 pameran dimulai pada pukul 19.00 WIB.
Selain pameran musik fotografi adapun kegiatan lain daripada acara ini, seperti:

Live Music by

Brigade 07
Hot New Camp
Oneding
Paraou Paskalis
Tahu Brontak
Sumber Kencono
And many more.


Related Blogs

    Share