Virdania-body1

BINERICA FT. VIRDANIA // RILIS SINGLE “APAKAH KITA SENDIRIAN”

Binerica akan merilis single pada hari Jumat 1 Oktober 2021. Lagu ini berjudul “Apakah Kita Sendirian” dan akan dapat ditemukan di layanan streaming populer seperti Spotify, Apple Music, Resso, Deezer, YouTube Music, dan beberapa streaming platform lainnya. Dalam single ini, Binerica berkolaborasi dengan Virdania yang mengisi vokal utama.

Lagu “Apakah Kita Sendirian” berawal dari sebuah kontemplasi dari Fadhli, sang penulis yang menyukai dunia astronomi. Lagu ini terinspirasi dari “Fermi Paradox,” sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh fisikawan Enrico Fermi. Singkat cerita, Fermi bertanya, dengan begitu tingginya kemungkinan bahwa Bumi bukan satu-satunya planet yang bisa menopang kehidupan di alam semesta, kenapa kita tidak pernah atau belum menerima pesan dari makhluk ekstraterestrial lain? Apakah ada yang mendahului manusia, lalu punah sebelum “menemukan”
yang lainnya? Kontemplasi ini tertuang dengan jelas dalam lagu “Apakah Kita Sendirian”.

Binerica-body2

Seperti rilisan-rilisan Binerica sebelumnya, Semua track di lagu ini diproduksi oleh Fadhli menggunakan virtual instrument dan sample yang diolah sendiri. Sedangkan proses recording dilakukan di studio Sonic Garage. Vokal utama dinyanyikan oleh Virdania, penyanyi muda berbakat yang baru-baru ini merilis single untuk Kompilasi Irama Kotak Suara Terbaik Vol. 1 dari Pop Hari Ini.

Lagu “Apakah Kita Sendirian” adalah salah satu lagu favorit saya, yang akan menjadi bagian dari album pertama Binerica. Proses produksi lagu ini terjadi secara natural ketika saya sedang bereksperimen dalam sound design di Ableton. Bisa dibilang dalam 3 hari sudah terbentuk struktur lagu beserta lirik. Proses dari demo ke rekaman pun terbilang cepat. Melalui lagu “Apakah Kita Sendirian” saya ingin pendengar bisa ikut merasakan betapa kecil dan insignificant-nya kita sebagai makhluk. Bahwa setiap keangkuhan kita sebagai umat manusia, setiap peperangan, setiap pertumpahan darah, setiap pergantian kekuasaan yang terjadi dalam sejarah umat manusia hanya titik kecil diantara keagungan alam semesta. Kitalah yang menentukan apakah kita ingin berbagi dengan penghuni lain dan hidup dengan damai menghargai sesama makhluk lain.” Itulah pesan yang ingin disampaikan oleh Fadhli yang juga
seorang pengagum sosok Carl Sagan ini.

Saat ini Fadhli hampir menyelesaikan seluruh materi yang akan dirilis dalam album LP Binerica yang pertama. Proses produksi, mixing, dan mastering semua akan dilakukan sendiri oleh Fadhli, yang tampak sangat menikmati kesibukan barunya sebagai “bedroom producer.” Jika berjalan dengan lancar, Binerica akan merilis albumnya mendekati akhir tahun 2021.

====================================================================================

For more info:

Instagram: @_binerica  @virdania

Spotify: Binerica  Virdania

Youtube: Binerica 

Related Blogs

    Share