c4df51b0-bb8d-46c3-9525-81c9a4f0aa04 cover

Bersama Musisi Islandia, Bottlesmoker Rilis Album Remix Þolarity

14 Juli 2016 silam, bertepatan dengan Netlabel Day, Bottlesmoker merilis EP Polarity lewat Ripstore Asia. Rilisan EP pertama bagi Bottlesmoker ini selain untuk merayakan Netlabel Day, juga merupakan jembatan menuju album penuh yang akan dirilis tahun ini. Masih dalam proses kreatif menuju album baru, hari ini Bottlesmoker bekerja sama dengan seniman dan musisi dari Islandia merilis ulang EP Polarity dengan format yang berbeda.

Rilisan ulang yang diberi nama Þolarity (;thor-rality) ini terdiri dari materi lama EP Polarity dan 4 lagu remix yang ditulis oleh musisi-musisi dari Thorn Kollektiv, sebuah multimedia art collective sekaligus record label berbasis di Húnaþing Vestra, Islandia.

Thorn Kollektiv dikenal sebagai record label yang merilis musik-musik experimental, hingga ambient. Pilihan untuk mengajak Bottlesmoker dan merilis Þolarity merupakan langkah baru bagi mereka, karena warna musik yang dimiliki oleh Bottlesmoker justru bertolak belakang dengan rilisan-rilisan sebelumnya.

“Ketika Bottlesmoker merilis EP Polarity, saya merasakan suasana yang penuh warna. Hal ini sangat jauh berbeda dengan rilisan-rilisan Thorn Kollektiv yang gelap, namun ketika mengetahui makna dari EP Polarity itu tentang dualism, saya tertarik untuk mengembangkannya ke dalam rilisan baru dengan racikan yang berbeda” tutur Jóhannes G. Þorsteinsson, direktur Thorn Kollektiv.

Hal yang menarik dari Þolarity adalah 4 lagu remix yang sepenuhnya mengubah energi dan atmosfer dari lagu-lagu sebelumnya. Di antaranya ada M.A.T.E.L yang diremix oleh K. Fenrir yang mendorong suasana menjadi kelam, atau void Ziz(); yang me-remix Batara Pandita menjadi berdistorsi berat dan mengawang.

Rilisan yang terdiri dari 10 lagu ini dirilis secara digital dan fisik, versi digital bisa dibeli secara pay as you wish di website Thorn Kollektiv. Rilisan fisiknya hanya dijual di Islandia dalam format CD. Bagi Bottlesmoker, kerjasama dan berjejaring dengan label dan musisi-musisi Islandia ini menjadi sebuah pencapaian baru.

“Di luar dugaan, musik kami bisa sampai ke Islandia dan menyentuh ruang-ruang ide mereka. Tentu saja ini pencapaian baru bagi kami, dan mendapat kesempatan untuk diremix oleh mereka itu prosesnya tidak instant” tutur Angkuy.

“Semoga rilisan Þolarity ini menjadi awal pengenalan musik kami di Islandia, yah awalnya musiknya dulu lah yang ke sana, ke depannya semoga aja kita bisa mengenalkan musik kita secara langsung di panggung-panggung Islandia” tutur Nobie.

Þolarity masih menjadi batu loncatan menuju album baru Bottlesmoker yang direncakan rilis pada bulan April 2017. Kini Bottlesmoker sedang merekam materi album dan menyiapkan single baru.

Þolarity – 2017 // https://www.thornkollektiv.cc/

 

  1. Pluviophile
  2. Batara Pandita
  3. Anima
  4. Pararaton
  5. East Indies
  6. M.A.T.E.L
  7. Oppositeness (Lärmschutz remix)
  8. Batara Pandita (void Ziz(); remix)
  9. Polarity (K.Fenrir remix)
  10. M.A.T.E.L (K. Fenrir remix)

 

*artwork by Þórgunnur

Related Blogs

    Share