BELLE

BELLE AND SEBASTIAN // MERILIS SINGLE TERBARU “UNNECESSARY DRAMA”

Belle and Sebastian Kembali lagi dengan single terbaru mereka yang berjudul ‘Unnecessary Drama’. Single ini adalah pembuka untuk rilisan album terbaru mereka yang akan datang, A Bit of Previous.

A Bit of Previous adalah album studio kesepuluh oleh Belle dan Sebastian dan album penuh pertama mereka dalam tujuh tahun. Ini mungkin mengejutkan bagi siapa pun yang mengikuti pengejaran kehidupan terbaru dari grup asal Glasgow ini: trilogi EP; sebuah soundtrack untuk debut penyutradaraan Simon Bird dari The Inbetweeners; The Boaty Weekender – festival musik empat hari bertabur bintang berkapasitas 3000 orang di atas kapal pesiar yang berlayar di Mediterania; album live yang menampilkan iterasi band saat ini sebagai penghibur panggung utama yang cerdas; dan pada tahun 2020 sebuah proyek kolaborasi dengan penggemar yang disebut ‘Protecting The Hive‘. Namun dalam semua upaya istimewa ini, sebagai bagian intrinsik dari DNA band sebagai invasi panggung di akhir setiap pertunjukan mereka, panjang penuh telah luput dari kita.

A Bit Of Previous adalah album klasik Belle and Sebastian yang disibukkan dengan lagu dan melodi yang akan terus ada di kepala Anda dan lirik yang dapat membuat Anda tersenyum dan merenung dan terkadang menjadi melankolis. Ini adalah album yang diproduksi sendiri dan direkam oleh Belle dan Sebastian (dengan kontribusi dari Brian McNeil, Matt Wiggins, Kevin Burleigh dan Shawn Everett) dan mereka yang paling aktif sejak The Boy With The Arab Strap.

Dalam beberapa hal, A Bit Of Previous juga merupakan yang pertama. Ini adalah album pertama band yang direkam di negara asal mereka Glasgow dalam 20 tahun (yang terakhir adalah Fold Your Hands Child tahun 2000, You Walk Like a Peasant). Apa yang dimulai sebagai kebutuhan pandemi – harus membuang rencana untuk merekam di California pada musim semi 2019 – menjadi perubahan kecepatan yang menyegarkan. Tidak terikat pada jadwal studio yang terbatas dan mahal, itu memungkinkan untuk berjalan-jalan melalui jalan-jalan dan taman-taman Glasgow dan perjalanan kereta api spontan ke kota-kota terdekat yang menanamkan proses dengan rasa tempat yang aneh. Band ini meningkatkan ruang latihan mereka menjadi studio darurat, membuat beberapa pilihan desain interior yang kreatif agar tetap aman dari pandemi.

A Bit of Previous adalah Belle dan Sebastian yang bertambah tua dan semakin tua dan muncul semakin penting untuk itu. ‘Young And Stupid‘ adalah rocker akustik gagap yang tanpa biola yang mendayu-dayu mungkin akan disalahartikan sebagai lagu T. Rex, lirik dan vokal acuh tak acuh menghadapi berlalunya waktu dengan kecut masam: “Sekarang kami tua dengan tulang berderit / Beberapa dengan pasangan beberapa sendirian / Beberapa dengan anak-anak dan beberapa dengan anjing / Melewati kerja keras malam / Semuanya baik-baik saja ketika Anda muda dan bodoh / Semuanya ilahi ketika Anda muda dan bodoh”. ‘Come On Home‘, dengan piano api unggun dan pertukaran percakapan antara Murdoch dan Martin, membangkitkan serah terima tongkat estafet generasi dengan seruan untuk “Beri kesempatan kepada yang lama / Luruskan catatan tentang negara persemakmuran / Beri kesempatan kepada kaum muda / Setiap orang berhak mendapatkan kehidupan di bawah sinar matahari”.

Meskipun pengaturannya sering kali main-main, ada gravitasi yang mendasarinya. Paduan suara yang menipu perasaan senang, didukung ‘If They’re Shooting At You‘ berbunyi seperti ode pedih untuk pembangkangan dan kelangsungan hidup: ‘Jika mereka menembaki Anda anak / Anda pasti melakukan sesuatu yang benar’. Pada ‘Reclaim The Night‘ karya Martin, backbeat riang menceritakan kegelisahan setiap wanita lintas generasi bahwa pada tahun 2022 lebih relevan dari sebelumnya.

A Bit of Previous juga dipenuhi dengan momen-momen pop yang besar dan terkadang mengigau. ‘Unnecessary Drama‘ merobek hiruk- pikuk riff overdrive dan harmonika dengung yang berbatasan dengan unhinged dan merupakan salah satu acara terberat band sejak dahulu kala. 140+ bpm ‘Talk To Me Talk To Me‘ menyala dengan synth euro dan terompet keyboard saat suara Murdoch dan Martin terjalin pada chorus yang terengah-engah. ‘Working Boy in New York City‘ ada di alam semesta paralel di mana band ini benar-benar berhasil sampai ke California – itulah kebahagiaan pelarian dari serulingnya yang miring dan funk yang pahit.

Di sisi lain dari spektrum adalah beberapa balada Belle dan Sebastian yang paling mengharukan. Pesan lembut yang dipetik dengan jari untuk seorang kekasih ‘Do It For Your Country‘ dan ‘Sea Of Sorrow‘ yang dibawakan oleh doo-wop menampilkan tenor Murdoch yang paling telanjang dan mempengaruhi, sementara Stevie Jackson menyumbangkan waltz country yang jatuh cinta ‘Deathbed of My Dreams‘.

Jadi apa itu A Bit of Previous? Itu sedikit dari segalanya, dan banyak hal yang membuat Belle dan Sebastian begitu istimewa dan bertahan lama. Ini adalah band yang menangani wawasan, pengalaman, dan tanggung jawab yang datang seiring bertambahnya usia dengan humor dan ketidaksopanan dan ketepatan liris dan keberanian musik. Ini adalah salah satu potret pop paling dicintai di Inggris yang menyatakan diri mereka sebagai sumber energi dan kesenangan yang sempurna.

Ada sentuhan Buddhisme juga. Sebuah praktik yang semakin berpengaruh pada pandangan Murdoch dalam beberapa tahun terakhir dan diberikan manifestasi lebih lanjut melalui sesi meditasi online terpandu mingguannya yang populer, rasa empati dan kasih sayang hadir di setiap lagu. Judul album, sementara itu, mungkin merujuk pada konsep reinkarnasi. Seperti yang dicatat Murdoch di liner: “Ada kepercayaan yang dipegang teguh dalam agama Buddha bahwa kita telah dilahirkan kembali berkali-kali dan dalam banyak samaran sehingga jika kita melihat ke sekeliling kita, kita pasti akan melihat seseorang yang telah menjadi ibu kita di kehidupan masa lalu. Dan kita dikelilingi oleh orang-orang yang telah menjadi anak-anak kita. Jika kita benar-benar memiliki itu dalam pikiran dan hati kita, kita akan menghilangkan prasangka yang kita miliki: sikap kita terhadap orang asing dan orang-orang sulit akan berubah dengan tegas.”

====================================================================================

For more info:

Instagram: @bellesglasgow  

Related Blogs

    Share