batavia-collective-01

Batavia Collective (BTVC), kolektif musik asal Jakarta, pada Rabu (29/7) kemarin meluncurkan video live session untuk single terbaru mereka yang berjudul “Affirmation”. Dalam lagu yang juga masuk ke dalam album kompilasi Adiksi Adaptasi milik label rekaman Berita Angkasa itu, BTVC berkolaborasi dengan penyanyi yang memiliki karakter vokal yang sangat khas, Mohammed Kamga.

Kolektif musik yang saat ini diperkuat oleh Doni Joesran (keys), Elfa Zulham (drums), dan Kenny Gabriel (synth) ini menceritakan bahwa lagu “Affirmation” idenya dimulai oleh Damo dan Leno—dua sosok yang mendirikan kolektif GOODNWS—dan mereka bertiga kemudian menerjemahkannya melalui alat musik masing-masing.

Setelah itu BTVC menyerahkan sisanya pada Kamga yang menurut kami adalah salah satu vokalis dan pencipta lagu yang luar biasa. Kita mencoba mendorong jazz menuju sesuatu yang mungkin asing bagi banyak orang tetapi di sisi lain saat kami mencari aransemen dan komposisi ‘Affirmation’, kami merasa ini natural dan pada tempatnya. Kami hanya berharap orang bisa merasakan apa yang mau BTVC dan Kamga sampaikan,” cerita Doni Joesran.

Sedangkan Kamga yang dalam lagu ini selain bernyanyi juga menciptakan liriknya mengungkapkan bahwa “Affirmation” bercerita tentang seseorang yang sudah lelah mengeluh terhadap keadaan hidupnya yang sulit.

Akhirnya ia mulai memantrai dirinya sendiri untuk yakin semua akan baik-baik saja selama dia dan pasangannya terus berjuang menghadapi dunia bersama,” ujar Kamga.

Setelah meluncurkan “Affirmation”, BTVC saat ini sedang menyiapkan single kedua dan sebuah proyek mini dalam format video. Selain itu, mereka juga tengah berdiskusi dengan beberapa produser untuk menggarap karya selanjutnya.


=======================================================================================

For more info

Instagram: @batavia.collective

Related Blogs

    Share