Videography memang bukan hal asing lagi. Sekelompok anak muda ini memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana promosi karya-karya mereka di bawah naungan #balividgram. Bagi mereka durasi yang terbatas pada 15 detik bukanlah masalah untuk dapat menyampaikan pesan melalui seni gambar gerak yang mereka tekuni. Mari simak obrolan santai MAVE dengan #balividgram.

vidgram

Hai #balividgram! Gimana nih perasaannya  setelah tembus 10k follower?
Wah seneng banget! Kita ga nyangka bisa berkembang sampe kayak begini. Terimakasih buat semua yang udah support kita yah :’)

Kalian terbentuk sejak kapan sih? Ceritain dong!
Well, tepatnya sih kita mulai terbentuk tanggal 28 Juli 2014. Awalnya komunitas sejenis #balividgram terpecah jadi 3 dengan username akun yang berbeda. Akhirnya kita, kreator akun-akun tersebut, memutuskan untuk ketemuan dan setelah melalui adu argumen yang cukup sengit (ceileeehh…) kita memutuskan untuk merger di bawah naungan #balividgram yang sejauh ini sih total membernya sudah di angka ratusan.

f

Padahal baru banget terbentuk tapi yang ikutan gabung udah sebanyak itu ya. Salute deh buat kalian. Apa sih yang menginspirasi kalian untuk membentuk #balividgram ini?
Kita melihat gimana pesatnya perkembangan IndoVidGram dan ngerasa kalo anak-anak di Bali banyak juga yang berbakat di bidang videography kayak gitu. Disini kita ingin jadi wadah untuk mengembangkan potensi mereka, menjadi wadah untuk saling sharing ilmu, juga mempromosikan karya-karya mereka yang juga ga kalah keren pastinya.

Dari sekian banyak karya yang sudah kalian hasilkan, video mana nih yang jadi titik naiknya rating kalian?
Salah satu video kita sempat di-repost oleh akun IndoVidGram. Tapi lupa yang mana hehehe. Dari sana akhirnya banyak yang mulai tahu. Kita pun juga berusaha appreciate mereka dengan konsisten menyajikan video-video yang berkualitas. Kita ngerasa ngalamin perkembangan yang cukup pesat itu sejak pertama kali mengadakan meet up dengan videomaker dan watcher #balividgram. Waktu itu kita kedatangan salah satu member IndoVidGram, Kak Marlo, yang juga jadi inspirasi kita untuk membentuk #balividgram ini. Kak Marlo yang bantu promote acara meet up ini dan hasilnya yang datang banyak banget.

Video-video yang diunggah #balividgram memang spesialisasi komedi ya?
Sebenarnya enggak sih. Kita terbuka untuk semua genre sebenarnya, mulai dari art, musik, travelling, kuliner, bahkan sampe video romantis (walaupun bikin ngenes) tetap kita terima selama memenuhi kriteria yang kita tentukan. Cuma memang kayaknya anak-anak #balividgram passion-nya mayoritas di komedi sih.

c b a

Waduh udah kayak nyari calon isteri aja nih pake kriteria. Seperti apa sih memangnya kriteria video yang “upload-able” di #balividgram?
Hehehehehehe. Yang pasti sih kualitas gambar dan audionya bagus, editannya keren, dan pesannya tersampaikan. Maksudnya kalo bikin video lucu, ya kita bisa nangkep lucunya dimana. Soalnya selera humor orang kan beda-beda. Disinilah para kreator video itu ditantang untuk bisa bikin komedi yang general, yang bisa dimengerti semua orang. Untuk genre video yang lain, kurang lebih kriterianya sama. Kita juga lebih cenderung untuk mengupload video yang ide ceritanya original dan fresh. Kalaupun video remake, harus ada perbedaan yang signifikan dan jangan lupa mencantumkan credit buat kreator aslinya.

Pengalaman paling berkesan selama hampir 4 bulan terbentuk apa nih?
Yang paling berkesan sih waktu kita ngadain meet up #5 kemarin di Bajra Sandhi, Renon. Itu yang datang membludak banget. Kita bener-bener ga nyangka antusiasme teman-teman segini besarnya walaupun kita ga menghadirkan guest star.

Kapan nih mau ngadain meet up lagi?
Meet up #6 lagi kita omongin dan kalau sesuai rencana kita bakal kedatangan guest star dari IndoVidGram lagi dengan jumlah lebih banyak. Tapi jangan bilang siapa-siapa yah, MAVE. Ini rahasia antara kita aja.

d

Okedeh janji ga bakal bilang-bilang. Harapan #balividgram buat kedepan gimana?
Semoga kita bisa tetap kompak dan hubungan kekeluargaannya makin erat ke sesama anggota #balividgram. Terus juga makin besar dan berkembang lagi, bisa merangkul kreator-kreator video di seluruh Bali, ga cuma di Denpasar aja, tapi di seluruh pelosok Bali. Dan harapan terakhirnya tembus 100k follower! Hahahahahaha.

Kalo ada pembaca MAVE yang pingin gabung #balividgram juga gimana caranya?
Langsung aja klik http://bit.ly/JoinBVG dan registrasi disana. Kami tunggu yaaaaaaa 😀

Related Blogs

    Share