poster1Seperti yang telah dijanjikan, Rumah Serem merilis video klip untuk single kedua mereka, “The Morning Star”. Karya audiovisual ini melengkapi single berjudul sama yang terlebih dahulu dilepas dalam format digital pada 31 Oktober 2017 kemarin.

Video klip ini sendiri disutradarai langsung oleh Momu, gitaris Rumah Serem- selanjutnya disebut RS. Momu dibantu oleh Imarotul Izzah sebagai scriptwriter dan Alfian “Kebeb” (MonoHero) di proses editing-nya. Pada bagian produser eksekutif ada Topan Samuel, Irvan Hendra Sukmawan & Jito Baskoro. Sedangkan pada bagian kamera, posisi Director of Photography dipegang oleh Fiole Adhitya, yang juga menggarap video klip pertama RS, “Kopine Pak Jokowi” dibantu oleh tim yang terdiri dari Gilang Jaduk, Burhan & Adharum Krida.

Berbanding lurus dengan lagunya, video klip “The Morning Star” mengambil tema yang sudah bisa ditebak, cinta. Namun, bukan sebuah hubungan cinta yang biasa digambarkan dengan perasaan bahagia atau problematika seperti selingkuh, patah hati, dan sebagainya (RS tidak setega itu mencaplok ranah band-band lain), tetapi lebih mengambil sudut pandang lain, yaitu “cinta” hasil tafsiran anak kecil.

“Kami menyikapi persoalan cinta dari sudut pandang anak kecil. Ketika anak kecil bertengkar, tidak akan lama. Dalam percintaan, anak kecillah yang paling serius, karena belum terikat oleh fashion, warna kulit, sampai pilihan model kerudung. Hehehe,” kata Amin Sumantri, sang pengonsep sekaligus vokalis RS. “Yup. Lebih tepatnya kepolosan dalam dalam menyelesaikan masalah. Sukur nemu dulinan, damai wes (Pokoknya ketemu mainan, sudah damai),” lanjutnya.

Di sisi lain, Momu sang sutradara menyampaikan sudut pandangnya tentang konsep dasar ini, “Ya ini juga sedikit kritik sosial sih. Kayak, banyak isu anak-anak kecil udah cinta-cinta’an. Ya gitu, masih kecil pacaran, atau kalau orang-orang bilangnya,  ‘dewasa sebelum waktunya’.”

Proses penulisan naskah diserahkan kepada Imarotul Izzah, penulis yang pada saat itu berstatus sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir salah satu kampus di Malang. “Ya, pertama, aku lihat ide awalnya Amin gimana, terus tinggal dikembangin,” kata Imamimo, sapaan Imarotul mengenai proses penulisan naskah. “Untuk proses awalnya jelas dari aku ndengerin lagunya (The Morning Star) terlebih dahulu setiap hari. Pernah ngalamin kalau dengerin lagu kadang kebayang adegan film? Nah, proses kreatifnya begitu. Jadi, setelah setiap hari ndengerin, mengembangkan ide awal Amin, terbayang potongan-potongan adegan dan jadilah sebuah rangkaian ceritanya dan kuberikan kepada Momu selaku sutradara,” lanjut wanita yang baru saja wisuda ini.

Proses syuting sendiri dilaksanakan selama 2 hari, 7-8 Oktober 2017 dengan mengambil lokasi di lingkungan kampus Universitas Negeri Malang (UM). Beberapa hambatan dalam proses ini di antaranya soal cuaca yang tidak mudah diprediksi, lalu faktor kesehatan, dan juga jadwal yang sedikit molor– hal-hal standar yang bisa terjadi dalam suatu proses. “Syutingnya? Alhamdulilah berjalan dengan lancar, meskipun ada beberapa hal yang tidak diinginkan. Layaknya cinta yang tidak sampai,” ungkap Momu seperti pada video Behind the Scene yang juga sudah bisa dilihat di channel YouTube RS.

Selain dari lingkungan internal RS sendiri, terciptanya karya ini juga tak lepas dari dukungan dan bantuan baik materiil maupun imateriil dari banyak pihak. Tercatat ada Kamera Malang, Omah Visual, Buruh Visual, Rumah Kancil, Designoholic, Kafe Pustaka, Ormawa Sastra, Sedesa UM, Bunker 201, Kampung Sinau, Ice Ah!, Mahasiswamlg, iHeartGigs, Lingkar Malang, MonoHero dan juga Tani Maju yang turut serta menyukseskan produksi “The Morning Star” ini.

Beredarnya video klip ini juga disertai dengan dirilisnya official merchandise “The Morning Star” yang sudah bisa dipesan melalui official Instagram RS. Ke depannya, band yang beranggotakan Amin (vokal), Andry “Tobeng” (vokal), Momu (gitar), Supri (gitar), Randy “Kempel” (keyboard), Danang “Mang Danas” (Bass) & Gilang (Drum) ini berencana melanjutkan rekaman dan merilis single ketiga dan pada akhirnya, album penuh pertama mereka di tahun 2018 nanti. Namun sebelum itu, silahkan menikmati video klip “The Morning Star” di channel YouTube Rumah Serem.

Link Video Klip:

https://youtu.be/61WAGacmMzU

poster-2

 =====================================================================

Paguyuban Band Rumah Serem

Instagram & Twitter         : rumah_serem

YouTube                        : www.youtube.com/RumahSerem

Soundcloud                    : https://soundcloud.com/rumah-serem

Spotify Artist Page          : https://open.spotify.com/artist/0E2RILgIkTHyxzHPJ1IIoZ

Related Blogs

    Share