AYA1Bermula dari keinginan untuk berkarya, berkreasi dan cipta dalam bermusik, Ria Zipie (vokal), Wizra Uchra (drum), David Qlintang (gitar) mulai berpikir untuk membuat sebuah band. Dalam rangka melengkapi personel yang kurang, David Qlintang mengajak Aldo (gitar) untuk bergabung. Kemudian, sampai saat di mana David bertemu dengan Eky (bass) di KJK (Komunitas Jazz Kemayoran), dan lengkaplah sudah personil Are You Alone?.

Nama Are You Alone? muncul dari ide sang vokalis Ria Zipie. Filosofi dari Are You Alone? ini bermula dari adanya “kesendirian” di mana hal ini selalu menimbulkan rasa yang sangat menonjol. Kesendirian bisa identik dengan rasa sepi, rindu, perih, atau hal sendu lainnya. Bukan hanya itu, ternyata saat “sendiri” ini bisa menjadi situasi yang mendukung kita untuk bebas berkonsentrasi, berpikir, menulis, mencipta, berkarya atau apapun itu. Yang ternyata “kesendirian” bisa menjadi “sesuatu” yang berharga dan luar biasa brilian atau bahkan suram. Oleh karena itu, musik dari Are You Alone? mungkin tidak dilihat dari genre melainkan rasa atau khayalan dari para pendengar musik Are You Alone?.

Judul album perdana dari Are You Alone? adalah Are You Alone?. Penjelasan dari self titled album ini adalah 7 lagu di dalamnya merupakan perwakilan dari perasaan atau jawaban dari pertanyaan Are You Alone? itu sendiri. Sebagai contoh, lagu pertama bertajuk “Sepi” yang menceritakan suasana keendirian dan kesepian. Ada juga lagu “Rona Pelipur Lara”, di mana mengkisahkan suasana kesendirian yang lalu hanya cahaya sekitar yang bisa menemani dan menghibur. Dan pada lagu di urutan ke-4 yang berjudul “Break Me Down”, lagu ini berdurasi 15 menit 24 detik. Lagu ini terhitung berdurasi panjang, karena kami mencoba menceritakan lirik tersebut dalam bentuk musik. Begitu juga pada lagu lainnya seperti “Rintik Hujan”, “Senjaku”, “Bahagia Itu Sederhana”dan “Simphoni Senja”. Hampir semuanya tercipta karena suasana kesendirian. Itulah alasan mengapa album pertama Are You Alone? berjudul Are You Alone?.

Demikianlah penjelasan singkat dari Are You Alone? tentang album perdana self titled mereka. Yang mungkin sudah menjadi keinginan, cita-cita juga impian semua pelaku seni agar karyanya dapat diterima dan dinikmati serta mewarnai. Tapi yang pasti mereka bangga dan bersyukur atas rampungnya album perdana mereka dan sekiranya impian dan cita-cita mendasar mereka, Are You Alone? tidak berhenti di sini, serta bisa selalu berkarya, berkreasi, berimajinasi tanpa terintimidasi oleh hal-hal yang merusak seni. Seni tidak akan mati.

 

Soundcloud           : https://soundcloud.com/areyoualone-a-y-a

Instagram             : @a.y.a_areyoualone

Facebook               : https://www.facebook.com/areyoualoneband

Twitter                  : @AreYouAlone_AYA

Contact                  : Ria (+62 838 9595 9503)

 

Related Blogs

    Share