apri-damai-02

Menulis adalah salah satu jalan menuju keabadian. Ide tidak pernah using dimakan waktu. Fisik akan rapuh, tetapi gagasan akan terus hidup. Hal inilah yang mendasari Apri Damai kerap disapa Damai untuk menulis dan berkarya. Dosen di salah satu universitas swasta di Yogyakarta ini telah menulis lebih dari 8 buku yang banyak digunakan sebagai referensi. Selain menulis, ayahnya yang seorang dalang mewariskan garis mendalang padanya. Tercatat telah 4 kali mementaskan wayang kulit. Baru-baru ini, ia mencoba medium baru dalam karyanya, yakni musik. Damai menulis lagunya sendiri. Dua karyanya telah rilis, “Banyu Wening” dan “Karep Kromo”.

Banyu wening menceritakan keteguhan hati seseorang menghadapi getir-pahitnya kecewa. Kekecewaan kadang ditinggal dikhianati pasangan, kekecewaan tidak bisa membahagiakan orang tua, kekecewaan karena menjadi pembicaraan tetangga. Gambaran getirnya rasa tersebut tergambar di lagu Banyu Wening. Banyu wening atau air jernih adalah kiasan untuk air mata yang sungguh-sungguh tulus dan keluar dari hati seseorang yang merintih kecewa. Konteks situasi lagu ini adalah pasangan yang tidak hadir pada saat hari H pernikahan. Ibu merana, tetangga bergosip, hati yang luka adalah kombinasi lara yang sempurna. Lagu ini mewakili hati yang ajur, tidak hanya ambyar tetapi terlampau ambyar.

Lagu kedua berjudul Karep Kromo. Karep kromo yang berarti keinginan kuat untuk segera menikah. Tema yang sederhana. Kekuatan lagu ini adalah dari bahasa yang digunakan, bahasa yang unik akan mematik imajinasi pendengar. “Dimas kekayun atu iki wes nyoto, Yayi pun kakang kondho, dadi sigaring nyowo”, demikian sedikit lirik dalam baik kedua lagu Karep Kromo. Damai menggunakan bahasa Jawa Kuno (bahasa pewayangan), Jawa Kromo, sekaligus Jawa Ngoko yang dikolaborasikan dengan apik di lagu ini. Gairah menyongsong pernikahan juga mewarnai lagu ini. Kegelisahan nembung sampai dengan kegembiraan dua hari menjadi satu ”kembange dironce-ronce, dipasang mbale, aku lan koe dadi nyawiji”.  Semoga lagu ini dapat menjadi salah satu soundtrack siapa saja yang sedang memulai lembaran kegembiraan pernikahan. Lagu Karep Kromo juga telah digarap oleh Wisnu Reall dan Tebo Riyadi dalam versi yang lebih pop. Harapannya dapat merangkul berbagai selera genre musik.


=======================================================================================

Instagram: @apri_damai

Youtube: Apri Damai

Related Blogs

    Share