[Artwork]-Alvin-Baskoro---Beranjak

“Beranjak”, Sebuah Karya Personal dari Alvin Baskoro

Alvin Baskoro, yang sebelumnya dikenal sebagai frontman dari band Alvin & I, kini siap merilis EP personal perdananya yang diberi tajuk “Beranjak”. Hal ini ditandai dengan diluncurkannya single perdana yang berjudul sama di akun Soundcloud-nya, pada hari Jumat (24/2). Semua lagu yang terdapat pada EP ini lahir dari tepian materi Alvin & I, tersimpan di telepon selulernya, dan kemudian dirasa kurang cocok apabila dibawakan dalam sebuah format band.

Berada di sebuah band yang seluruh isi personilnya adalah mahasiswa ‘aktif’ ternyata menghasilkan tantangan sendiri, tidak terkecuali untuk Alvin. Setelah beberapa di antaranya lulus kuliah, masalahnya malah tambah besar. Semakin minimnya waktu berkumpul, mengakibatkan sirkulasi pengembangan materi tidak selancar dulu. Di momen itulah, materi-materi “Beranjak” pun lahir. Yang kemudian diakui Alvin sendiri sebagai ungkapan rasa rindu kepada teman-temannya.

“Saya tidak ingin menjadi ‘solois’ atau apapun itu namanya. Ibaratnya, kalau lagu ini dianggap sebagai kawan, saya harap ia bisa setia menemani mereka yang kesepian. Karena selalu ada waktu untuk bisa kembali berbicara,” tutur Alvin.

Sebelumnya, Alvin pun sudah mencoba tampil seorang diri di panggung INTERLUDE, 18 Januari lalu di Perpustakaan Batu Api, kawasan Jatinangor. Ditulis oleh Mirza P. Wardhana (Soft Blood, Knurd Hamsun, Toy Tambourine) pada sebuah zine yang dibagikan hari itu, progresi chord dari Alvin Baskoro terasa lebih lepas, sedangkan tema yang diangkat tetap menggambarkan sosok Alvin itu sendiri. Memang, musik yang diusung Alvin kali ini masih mengandalkan gitar akustik, bisa dikatakan sebagai format lebih minimalis dari lagu-lagu yang biasa ia bawakan bersama band-nya.

EP “Beranjak” sendiri akan dirilis di bawah naungan netlabel asal Jatinangor, Barokah Records. Selain Mirza, Alvin dibantu pula oleh teman-teman terdekat, seperti Andri Cahyaningtyas, Sky Sucahyo, Rizal Husein, hingga Galih Suryana Putra di bagian ilustrasi. “Semoga ‘Beranjak’ ini bisa memantik perkembangan positif bagi saya, terlebih lagi untuk tujuh orang lainnya yang sudah lama tidak bersuara bersama saya. Mungkin kali ini nama yang tertera pada lagu tersebut adalah Alvin Baskoro. Lain kali, semoga berubah ‘kembali’, ” tutup Alvin.

IMG_1906

================================================================================

Alvin Baskoro 

instagram : alvinbask | microgram.ent


Related Blogs

    Share