ALLO-CABLES-BODY

ALLO CABLES // RILIS SINGLE “WHEEL”

Sekali lagi, satu unit musik menarik lahir dari situasi pandemi dan dilakoni dari rumah masing- masing, seperti halnya Gergasi Api lahir dari interaksi yang serupa. Allo Cables adalah kolaborasi dua personil band nugaze di skena lokal Bandung yang sudah dikenal, Heals dan Noirless. Aryandra Kareem (Noirless) dan Alyuadi Febryansyah (Heals) meramu hal-hal yang mereka suka dan alami dalam moniker bernama Allo Cables.

Mereka berdua berkolaborasi dalam satu single berjudul “Wheel” yang dirilis digital oleh Anoa Records pada tanggal 30 Juni 2021. Sebelumnya lagu ini sudah lebih dirilis pada rilisan Ocean Blender: Indonesian Shoegazer Compilation vol. 2 yang juga dirilis Anoa Records pada awal Mei lalu.

Alyuadi menyebutkan tandem mereka berdua bisa disebut sebagai ide proyek musik mereka berdua yang dahulu tidak jadi-jadi. Mereka bahkan sempat berencana band ini dengan vokalis perempuan. “Aryandra juga sih yang akhirnya ngingetin untuk ngidupin lagi proyek musik kami,” kata Alyuadi.

Proses songwriting pun dilakukan secara virtual dari komputer dan laptop masing-masing. Anehnya, Aryandra merasakan produksi musik di lagu “Wheel” ini tampak mulus dan klik di antara keduanya. “jarang sekali melewati diskusi keras atau ke-kurang-setuju-an terhadap masing-masing buah pikir,” jelasnya lagi.

Mereka berdua saling lempar-lemparan file audio dan meracik karakter dan lanskap musik yang mereka inginkan. Rekaman gitar, vokal, dan bass dilakukan di kamar masing-masing, sementara untuk drum dilakukan di sebuah studio oleh teman mereka, Rifqi. Total sekitar satu bulan lamanya untuk merekam “Wheel”.

Lirik “Wheel” ditulis oleh Aryandra dan Alyuadi, terinspirasi dari bagaimana rutinitas membelenggu hidup dan waktu terus berputar mencari bentuk dinamisnya. Berputar terus diatas dan di bawah, dan Alyuadi pun merasakannya walau tampak getir.”saya saat itu lagi rugi trading, so i’ts a kind of a loss jam,”  ujar Alyuadi sambil tertawa geli.

Keduanya saat merekam lagu ini mendengarkan musik dan band-band yang berbeda. Kay ketika itu sedang menikmati band-band seperti Silversun Pickups, Sonic Youth, Yo La Tengo. “Kalau saya pribadi lagi dengerin Manic Street Preachers album Lifeblood dan Cast dengan lagu Mankind,” kata Alyuadi.

Kini Allo Cables sudah mulai merancang ide-ide berikutnya. Mereka berencana untuk membuat beberapa single lagi, dan jika pandemi selesai, tak menutup kemungkinan untuk band ini hadir dengan format band yang lengkap untuk live.

====================================================================================

For more info:

Instagram: @anoarecords  

Twitter : @anoarecords

Related Blogs

    Share