diantara-moktika

Alaskaeight, sebuah band dengan spirit emotional post-rock yang berasal dari Bandar Lampung yang sampai saat ini telah melahirkan single-single karya. Moktika adalah salah satu diantaranya, sebuah lagu instrumental dari Alaskaeight yang telah rilis pada tahun 2018 kemarin menjadi salah satu andalan sebelum sekarang ada konsep melankolis post-rock “Jilid 1”.

Moktika diambil dari bahasa sansekerta yang berarti mutiara. Tentu mutiara disini diartikan sebagai sesuatu yang berharga yang dimiliki setiap orang, maka akan dijaga karena mendapataknya tentu dengan perjuangan dan penuh pengorbanan.

Terjemahan Moktika ini juga mengundang Kombir (Komunitas Biroe) untuk berkolaborasi dengan AlaskaeightKombir adalah Komunitas Biroe yang berasal dari kampus Darmajaya (Bandar Lampung) yang bergerak di bidang seni terutama seni rupa, seni tari dan seni teater. Seni Tari menjadi pilihan untuk berkolaborasi dengan membawakan “Moktika”. Dikemas melalui Tari Kontemporer dengan suasana musik Alaskaeight menjadikan “Moktika” terdefinisikan lebih terasa pentingnya “Moktika” dalam kehidupan.

Dimulai dari konsep hingga mapping lighting pun dibantu dengan teman-teman Gerus.in untuk sebuah karya Kolaborasi Alaskaeight dengan Kombir yang dipertunjukan pada tanggal 1 Maret 2019 di Soundsations Bandar Lampung.

Penggarapan video making process hingga pada hari pertunjukan oleh Agil dari Gerus.in menambah semaraknya pertunjukan kolaborasi antara sebuah band instrumental dan komunitas seni tari.

1 Maret 2019 menjadi momen baru di kancah instrumental Bandar Lampung dapat berkolaborasi dengan tari kontemporer dari Komunitas Biroe di panggung Soundsations yang notabene nya itu panggung untuk band. Tapi ini menjadi pembeda ketika hujan mulai turun tidak menjadi penghalang untuk pertunjukan kolaborasi ini, malah suasana menjadi semakin intimate ketika audience maju mendekat menyaksikan antara musik Alaskaeight dan juga tari-tarian dari Kombir. Dengan ditambahkan additional lighting turut menyokong arti dari “Moktika”.

Dengan ada nya kolaborasi antara musik dan tari, Alaskaeight mendapat pengalaman baru dan tidak akan berhenti sampai disini untuk memperluas karya walaupun berada di lokal bukan menjadi penghalang asal bergerak terus dan terus! Gerak Terus!

Buat Mavers yang penasaran dengan hasil kolaborasi musik dan tari ala Alaskaeight, langsung saja simak Documentary Film “Diantara Moktika” berikut.

=======================================================================================

For more info:

Instagram: @alaskaeightmusic

Related Blogs

    Share