Yogyakarta tidak hanya terkenal sebagai kota pelajar dan budaya saja. Sebagai kota destinasi wisata tentu banyak berbagai macam kuliner yang tersedia. Salah satu hal yang wajib dilakukan saat kamu berkunjung ke Yogyakarta adalah bersantap kuliner malam. Nah, berikut merupakan beberapa kuliner malam yang sudah terkenal di Yogyakarta:

 

Gudeg Pawon

gudeg-pawon

(visitingjogja.com)

Terletak di jalan Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta, Gudeg Pawon telah berdiri sejak tahun 1958. Buka setiap pukul 10.00 malam, Gudeg Pawon tidak pernah sepi pembeli. Sesuai dengan namanya “Pawon” (Dapur), pembeli dapat mengambil makanan langsung dari dapur sang pemilik, Sumarwanto. Selain itu, dalam pengolahannya Sumarwanto hanya menggunakan tungku dan kayu bakar sehingga rasa yang dihasilkan berbeda.

 

Gudeg Bromo

bromo

(makanpakereceh.com)

Selain Gudeg Pawon, Gudeg Bu Tekluk atau dikenal dengan nama Gudeg Bromo merupakann salah satu kuliner malam yang cukup terkenal di Yogyakarta. Berdiri di Jalan Gejayan, Mrican, Gudeg Bromo buka mulai pukul 23.00 hingga 05.00 WIB. Namun, antrean pengunjung sudah mulai ramai sejam sebelum dibuka. Sajian gudeg yang disiram areh gurih disajikan dengan sambal krecek pedas dan berbagai lauk tambahan seperti ayam suwir, telur bacem, tahu, tempe, ceker hingga kepala ayam. Satu hal yang berbeda dari gudeg lainnya, krecek yang digunakan adalah krecek kerbau. Rasa yang tidak terlalu manis dan pedas cocok bagi lidah para perantau. Harganya berkisar Rp. 12.000 untuk nasi gudeg telur hingga Rp. 35.000 untuk nasi gudeg menthok ayam kampung

 

Oseng Mercon

kuliner-jogja-oseng-mercon-bu-narti

(dailywuz.com)

Bagi para pecinta makanan pedas, Oseng Mercon Bu Narti merupakan destinasi kuliner yang cocok. Buka dari pukul 17.00 hingga 23.00, Oseng Mercon Bu Narti berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan. Selain menyediakan oseng mercon, disini juga menyediakan menu lainnya. Seperti ayam goreng, ayam bakar, lele, burung dara, bebek, puyuh, babat, rempelo ati dan masih banyak lainnya. Harganya mulai Rp 15.000 sampai Rp 25.000.

 

Angkringan Lik Man

angkringan-likman

(jogjabenertransport.com)

Angkringan Lik Man terkenal dengan sajian Kopi Joss. Kopi Joss merupakan kopi yang dicampur dengan arang yang masih membara. Joss.. begitu bunyi yang muncul ketika arang dimasukan kedalam kopi, dari situlah nama Kopi Joss tercetus. Angkringan Lik Man berada di Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran. Buka dari jam 14.00 hingga 03.00 WIB

 

Mi Ayam Grabyas

grabyas

(foody.id)

Berlokasi di Jalan Malioboro (Seberang Hotel Inna Garuda), Mie Ayam Grabyas merupakan kuliner malam yang cukup terkenal di Yogyakarta. Buka pukul 23.30 hingga 03.30, pengunjung hanya perlu mengeluarkan Rp. 18.000,- untuk merasa kenyang. Hal hal yang membuatnya berbeda adalah adanya Grabyas. Grabyas sendiri dibuat dengan menggoreng kulit ayam hingga kering dan memisahkannya dengan lemaknya. Pemisahan dengan lemak ini bertujuan untuk mendapatkan kulit ayam yang benar-benar kering dan gurih saat digigit.

 

Soto Sampah

Soto-Sampah-Kehangatan-Semangkuk-Soto-Di-Malam-Hari-artikel135

(makanjogja.com)

Disebut Soto Sampah karena soto ini menggunakan gajih sapi berbeda dari soto biasanya. Racikan kuliner yang satu ini terdiri dari nasi putih, bihun, kobis, toge, seledri, bawang goreng, lalu disiramkan dengan bumbu dan rempah yang cukup beragam seperti temulawak, kayu manis, duan jeruk, daun salam, serek, dan jahe. Dan semua tersaji secara acak-acak. Beralamat di Jalan Kranggan, Nomor 1, pelanggan dapat merogoh kocek Mulai satu porsi harga Rp. 6.000, satu setengah porsi Rp. 7.000, dan porsi double seharga Rp 12.000.

 

Nasi Kuning

nasi kuning

(idntimes.com)

Terletak di Jalan Asem Gede, Cokrodiningratan, Jetis, menu nasi kuning ini dapat menjadi makanan yang cocok untuk mengenyangkan perut kalian di malam hari. Dengan lauk berupa ayam suwir, krecek hingga telur bacem pelanggan yang perlu mengocek harga Rp 15.000

===============================================================================

Sumber : Disadur dari berbagai sumber

 

Related Blogs

    Share