5 TRADISI UNIK PERAYAAN HARI VALENTINE DI BEBERAPA NEGARA

body VALENT

14 Februari merupakan hari untuk merayakan Valentine yang identik dengan memberikan hadiah spesial seperti cokelat, bunga atau boneka sebagai tanda kasih sayang kepada pasangan. Dalam sejarah, tanngal 14 februari merupakan bagian dari festival romawi kuno Lupercalia yang disebut sebagai hari kesuburan, festival ini dirayakan sekaligus untuk menghormati dewa pertanian Romawi, Faunus, serta pendiri Roma, Romulus dan Remus. Sebenarnya banyak sejarah maupun legenda lain tentang asal-usul Valentine, salah satunya diambil dari abad ketiga di Roma. Seorang imam yang bernama St. Valentine, dikenal sering membantu memimpin pernikahan para prajurit secara diam-diam selama abad itu karena kaisar Romawi Cludius II melarang pria muda menikah untuk menciptakan tentara yang lebih kuat, karena alasan tersebut hari Valentine dikaitkan dengan cinta. Balik lagi ke perayaan nih, seiring berjalannya waktu semakin berkembang juga perayaan hari Valentine di berbagai negara, bahkan ada pula yang merayakan dengan tanggal yang berbeda-beda. Nah buat mavers nih, kita mau kasih tahu 5 tradisi unik perayaan hari Valentine di beberapa negara.

  1. Jepang

Jepang

14 februari di Jepang juga merayakan hari Valentine seperti biasanya, tetapi cara atau aturan yang dilakukan sedikit berbeda dari umumnya. Para wanita di Jepang biasanya membeli hadiah untuk pasangan mereka, namun para jantan tidak dapat mengembalikan hadiah yang tidak mereka sukai sejak hari itu hingga tepat satu bulan kemudian pada 14 Maret, dikenal sebagai “Hari Putih”.

  1. Korea Selatan

Drama Korea Sekolah

Memprioritaskan cinta dalam segala bentuk merupakan gagasan yang sangat kuat di Korea Selatan. Negara ini bahkan telah mengambil tradisi hari Valentine setahun sekali ke dalam perayaan romantis bulanan, tepatnya pada hari ke-14 setiap bulan. Mereka biasanya merayakan cinta dengan cara yang berbeda, contohnya pada bulan Mei diperingati “Hari Mawar”, lalu bulan berikutnya “Hari Berciuman” dan seterusnya.

  1. China Barat Daya

China

Sangat spesifik di China Barat Daya perayaan hari Valentine disebut dengan “Sisters’meal” yang dirayakan pada tanggal 15 maret setiap tahunnya. Para wanita berdandan dengan pakaian yang bagus dan memasak berbagai hidangan nasi yang diberikan kepada para pria. Nasi menjadi simbol pandangan masa depan yang romantis bagi orang-orang yang mengikuti festival ini, lalu apabila yang menemukan sumpit di dalam nasi, menunjukan bahwa dia telah menemukan cinta, tetapi jika seseorang menemukan suing bawang putih, itu menandakan cinta sudah berakhir sebelum dimulai.

  1. Spanyol

espanyol

Orang-orang biasa merayakan hari Valentine di Spanyol pada tanggal 9 oktober setiap tahunnya, yang dikenal sebagai Hari Saint Dionysus yang merupakan hari istimewa karena inilah waktu bagi para warga untuk membuat “macadora” atau patung marzipan yang diberikan kepada pasangannya. Juga Hari Valentine di Spanyol dirayakan dengan parade jalan-jalan dan mereka bisa menyatakan cinta mereka kepada orang lain.

  1. Rumania

rumania

Rumania merayakan hari Valentinenya dengan serius pada tanggal 24 februari setiap tahunnya. Dirayakan secara tradisional merupakan waktu bagi pasangan muda untuk bertunangan. Beberapa pria dan wanita pergi ke hutan untuk memetik bunga yang berwarna-warni untuk merayakan hari besar mereka seperti pertunangan atau pernikahan, sementara yang lain akan memandikan wajah mereka sebagai tanda keberuntungan.


Related Blogs

    Share