5 TEMPAT WISATA ALAM DI KABUPATEN SEMARANG

body kab semarang

Pergi jauh keluar kota, lewati desa-desa, pikiran senang hati jadi riang, duhai asyiknya’, merupakan lagu yang cocok untuk didengarkan sambil berlibur. Jalan-jalan bisa melepaskan rasa penat sehabis melakukan aktivitas sehari-hari yang membosankan, kalo kata anak-anak zaman sekarang mah refreshing bahkan sering kali disebut juga healing. Uang tidak akan menjadi hambatan kamu buat liburan, walaupun preferensi orang berbeda dari yang mahal maupun murah. Yang paling penting buat kamu siapkan adalah waktu, karena gak semua orang punya waktu yang cukup buat liburan. Tempat wisata juga banyak macamnya, bisa sekitar rumah, pergi ke pusat kota, bahkan ke gunung atau pantai. Nah sekarang buat mavers nih yang berada di sekitar Kabupaten Semarang, atau buat kamu yang bakal mampir berkunjung kesini, berikut 5 tempat wisata alam Kabupaten Semarang yang wajib kamu kunjungi versi Mave Magazine.

Rawa Pening

Rawa-Pening-Body

 

 

Memliki luas 2.670 hektar, Danau Rawa Pening berada di empat kecamatan, yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang juga Banyubiru. Mempunyai akses yang mudah dijumpai, apalagi kamu yang sedang mengadakan perjalanan Semarang-Solo atau sebaliknya melalui jalan utama non-tol. Disepanjang jalan pun kamu langsung disuguhkan pemandangan megahnya Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran, juga pedesaan dengan berhektar-hektar sawah yang memanjakan mata. Jika mau melihat rawa pening lebih dekat mempunyai banyak opsi, antara lain Eling Bening, Sumurup, Bukit Cinta juga naik kereta wisata dari stasiun Museum Kereta Api Ambarawa yang akan melewati jalur samping rawa pening menuju Stasiun Tuntang. Untuk harga masuk yang paling murah kamu bisa dapatkan di Sumurup hanya dengan membayar parkir saja, kalo jalan kaki ya gratis hehe. Untuk menyewa perahu rata-rata dipatok dengan harga Rp 100.000 dengan isi maksimal 4 orang.

Mawar Camp Area

Mawar-Camp-Body

Merupakan basecamp pendakian Gunung Ungaran yang lokasinya berada di jalan Goa Jepang Km 5 Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini adalah titik pertama untuk memulai pendakian, namun biasanya tempat ini digunakan buat kamu dan teman-teman yang ingin berkumpul menikmati udara nuansa gunung sambil bakar-bakar tetapi malas untuk naik gunung. Bahkan kamu bisa buka tenda disamping kendaraan pribadi. Untuk harga tiket masuknya dipatok per orang Rp 10.000, parkir motor Rp 5.000 dan pakir mobil Rp 10.000. Jika kamu tak punya peralatan gunung atau malas untuk menyewa di tempat lain, tenang saja Mawar Camp Area punya paket lengkap yang tersedia langsung disana.

Desa Wisata Sepakung

Sepakung-Body

Berada dibawah kaki Gunung Telomoyo, Desa Wisata sepakung menawarkan keindahan alam serta udara segar yang tak didapat di kota. Terdapat banyak macam wisata di tempat ini, antara lain Air Terjun Goa Semar, Wisata Alam Cemoro Sewu, Wisata kali kunon, Klarasan Hill, Kedung Macan, Ayunan Langit, Ondo Langit dan masih banyak lainnya. Dapat dipastikan kamu menndapat pengalaman berbeda Ketika berkunjung kesini, tak hanya sebatas selfie semata juga keasrian alam serta fasilitas disana mempunyai keselarasan sehingga keluarga, teman bahkan pasanganmu nyaman untuk berlibur kesana. Untuk soal keselamatan sangat diperhatikan sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan aktifitas disana. Untuk harga tiket masuk hingga akomodasi selama disana tidak mencopet uang kamu secara berlebihan dan sesuai dengan apa yang kamu dapat.

Curug Lawe Benowo Kalisidi

Curug-Lawe-Body

Terdapat dua air terjun yang disajikan disana, tidak berjejeran tapi berdampingan. Untuk yang Lawe setinggi 30 meter dan Benowo sekitar 40 meter. Dikelola dibawah pengelolaan Perhutani lantaran alamanya yang masih asri nan indah. Baik lahan parkir juga jalan menuju air terjun, lingkungan sangat terpelihara dengan baik, bahkan kita yang berkunjung disana tidak diperbolehkan untuk memetik tanaman atau pohon-pohon karena sangat dilundungi. Jadi tak hanya air tejunnya yang memanjakan mata, tapi juga jalan menuju air tejun yang terlihat seolah kamu adalah petualang yang menembus hutan belantara. Gilanya lagi pesona satwa liar, seperti lutung yang menjadi ikon tempat ini. Biasa lutung keluar setiap 6 pagi juga stengah 5 sore. Belum selesai dari itu sepanjang jalan kamu juga melewati sungai-sungai kecil, hamparan kebun perkebunan cengkeh yang luas juga jembatan cinta. Untuk jalur menuju kesana kamu bisa memakai kendaraan beroda dua sampai beroda empat, tetapi setibanya di parkiran kamu harus berjalan kaki sekitar hampir 2,5 kilo untuk menikamati air terjunnya. Untuk harga masuknya perorang dibaderol Rp 8.000, motor Rp 3.000, mobil kecil Rp 5.000 dan mobil besar Rp 10.000.

Permandian Mata Air Muncul

Muncul-Body

Terletak di Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa tengah, alias Permandian Muncul mempunyai air yang bening dan segar. Lokasinya mudah dijangkau, yaitu terdapat di jalan alternatif dari Ambarawa menuju Salatiga. Tak hanya permandian, kawasan Muncul juga dimanfaatkan oleh warga untuk area pembibitan dan pemancingan ikan. Airnya berasal dari tanah yang terus mengalir tanpa henti, menariknya di samping permandian terdapat arca dan situs bersejarah. Permandian air alam ini mulai dikelola dengan baik pada 1987. Balik lagi ke airnya mulai ada sejak era penjajahan Belanda. Banyak cerita dari warga sekitar konon tempat ini merupakan permandian putri raja alias petirtaan, yang dibuktikan dengan ditemukanya arca bahkan watu candi yang tersebar di dekat Permandian Muncul. Disini juga rutin dilakukan ritual  budaya berupa padusan, tradisi ini dilakukan pada H-2 sebelum menjelang bulan puasa, yang tujuannya untuk menyucikan diri sebelum merayakan bulan Ramadan.

Related Blogs

    Share