body90anikonik

5 TEKNOLOGI PALING IKONIK DI ERA 90AN

Jangan ngaku anak 90an kalo belum tahu barang-barang ini! Makin hari makin canggih, kebiasaan lama berganti dengan yang baru. Begitu juga dengan teknologi yang dari waktu ke waktu semakin beragam, beradu dengan kecepatan, sehingga tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan sesuatu. Mulai dari alat komunikasi, media hiburan, informasi sampai penyimpanan data yang bisa kamu dapatkan dengan cepat, bahkan kamu bisa mendapatkan semuanya yang digabungkan dalam satu barang. Namun semua berbeda dengan zaman dahulu, setiap barang atau benda mempunyai fungsi tersendiri. Apalagi di tahun 90an, dimana teknologi di Indonesia pada saat itu mulai beralih, juga terdapat transisi teknologi yang tertinggal atau tertunda di Indonesia. Memang kata orang “yang lalu biarlah berlalu”, tetapi tidak dapat dipungkiri pada waktu itu merupakan momen keemasan generasi 90an. Nah buat kamu nih yang mau nostalgia, Mave Magazine mau ngasih kamu 5 teknologi paling ikonik di era 90an.

Pager

Old pager on a white background

Sebelum handphone menjamur, pager sudah eksis sebagai salah satu alat komunikasi yang unik. Tak hanya unik peger pada zaman dulu terkesan mewah dan canggih. Bentuknya kecil, ringan dan mudah untuk dibawa kemana saja. Pada saat itu pager merupakan barang yang lebih sering dipakai oleh pebisnis dibanding orang umum, karena harganya yang relatif mahal. Namun pager hanya berlangsung sebentar karena muncul teknologi yang yang lebih efektif dan efisien, yaitu ponsel.

Telepon Umum dan Watel

Telepon Umum

Telepon umum zaman 90an mempunyai banyak pelanggan, sehingga berserakan dimana-mana. Mulai dari menggunakan koin sampai sewa per menit atau jam. Warung telepon atau yang biasa disebut wartel merupakan fasilitas umun untuk melayani kebutuhan komunikasi masyarakat. Konsep nya sama dengan warnet (warung internet), namun bedanya warnet menyediakan komputer dan internet, wetel menyediakan telepon. Pada era itu banyak masyarakat yang rela nongkrong berjam-jam hanya untuk menelepon. Kamu bisa melakukan telepondengan menggunakan dengan 2 jaringan di watel, yaitu dari lokal antar wilayah, maunpun interlokal alias antar negara. Nah pemilik wartel bisa perseorangan, bumd, swasta sampai koperasi. Sama dengan pager, telopon umum dan watel mulai ditinggalkan setelah kemunculan ponsel.

Walkman

Sony Walkman

Sebenarnya banyak dan beragam perangkat elektronik yang berfungsi sebagai pemutar musik, namun menurut Mave, Walkman dari Sony merupakan barang paling ikonik di era 90an. Selain dapat menggunakan untuk memutar kaset, walkman juga menyediakan fungsi lain yaitu untuk mendengarkan radio. Dengan bentuk yang  compact, kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana, ditambah dianggap keren jika kamu memakainya. Termakan oleh waktu walkman redup ketika discman mulai tersebar.

Fax

Fax

Sebelum email sering dipakai, fax lebih dulu eksis. Alat ini bisa kamu gunakan untuk mengirim dan menerima dokumen cetak, multifungsi sebagai telepon bahkan fotokopi. Sebenernya yang bisa menggunakan ini adalah kantor, karena bisa memangkas waktu untuk mengirim surat sehingga memlancarkan pekerjaan. Teknologi ini mulai ditinggal karena muncul email atau surat eletronik yang lebih praktis dan efisien.

Disket

Disket

Floppy disk adalah media penyimpanan yang disegel dalam plastic berbentuk persegi. Di zaman itu seseorang orang menggunakan ini untuk menyimpan data yang ada di dalam komputer. Produsen komputer banyak menyediakan komputer dengan slot untuk disket. Kapasitas disket sangatlah kecil bila dibandingkan dengan zaman sekarang, hanya hitungan megabyte saja. Setelah itu era disket mulai menghilang dan tergantikan dengan era CD dan DVD.


Related Blogs

    Share