5 MINUMAN WAJIB DI ANGKRINGAN

bodyMINUMAN

Jangan bilang pernah ke angkringan kalo kamu belum pernah nyobain salah satu minuman dari daftar ini! Selain makanannya yang sangat menggoda perut untuk bergejolak, angkringan juga memiliki pilihan minuman yang bikin malam kamu jadi hangat. Yup hangat, karena angkringan biasa buka identik dengan malam hari. Walaupun angkringan di zaman sekarang mempunyai banyak minuman sachet atau siap seduh, tak lupa minuman legendaris alias tradisional khas angkringan selalu menemani di setiap malam mu. Dengan berbagai rempah alami, tak heran rasa dan aromanya begitu lebih kuat. berikut minuman wajib yang ada di angkringan.

1. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh

Merupakan obat tradisional atau jamu, dapat mengobati berbagai penyakit bahkan ampuh sebagai obat herbal di Indonesia. Minuman tradisional khas Yogyakarta ini mempunyai nama Wedang Uwuh berasal dari bahasa jawa, wedang mempunyai arti minuman, sedangkan uwuh adalah sampah, yang bisa diartikan langsung sebagai minuman sampah. Namun “minuman sampah” ini hanyalah isitilah saja, karena bahan aslinya berasal dari beberapa rempah-rempah, antara lain jahe, kayu secang, daun kayu manis, juga akar serai.

2. Wedang Jahe

Wedang Jahe

Minuman paling basic ini secara tradisional dikenal sebagai wedang jahe, teh jahe, ginger tea merupakan minuman hangat yang bisa menyehatkan tubuh bahkan menambah imunitas. Wedang jahe seringakali disajikan dengan tambahan gula merah untuk menambah kenikmatannya. Para penjual angkringan biasanya menaruh wedang jahe di teko ceret dan dipanaskan langsung di kompor. Jahe jika dipanaskan terus menerus semakin mengeluarkan juga aroma dan sarinya.

3. Wedang Serai

Wedang serai

Serai mengandung vitamin A, vitamin C, folat dan niasin, yang pastinya berkhasiat untuk meringankan hipertensi, epilepsi, sakit perut, rematik, kelelahan, batuk, demam, bahkan diabetes. Biasanya aroma dan rasa keluar dari geprekan serai, aroma yang keluar diantaranya aroma jahe, serai juga gula merah yang menggugah selera.

4. Susu Jahe

Susu Jahe

Racikan jahe tak hanya berakhir di wedang jahe saja, bagi penggemar susu kamu bisa memilih susu jahe yang biasa tersedia. Sebagai pengganti gula merah, susu kental manis menambah rasa manis pedas juga creamy didalam susu jahe. Susu jahe memiliki banyak manfaat yang terkandung didalamnya, antara lain meningkatkan kekebalan tubuh alias imunitas, mencegah osteoporosis, meredakan sakit tenggorokan dan meningkatkan daya pencernaan.

5. Kopi Joss

Kopi Joss

Kopi Joss merupakan kopi fenomenal yang terdapat di angkringan kawasan jogja. Seduhan kopi ini bercampur dengan bara arang panas yang akan menghasilkan sensasi yang unik. Selain disajikan biasa, kopi joss tak kalah mantap dengan pilihan dicampur dengan susu.


Related Blogs

    Share