4AD-body

4AD MERILIS LAGU “BILLS & ACHES & BLUES”

Pada tahun 2020, 4AD genap berusia 40 tahun. Waktu yang tepat untuk berpesta, label tersebut memperingati peristiwa penting tersebut tahun ini dengan merilis Bills & Aches & Blues.

Kompilasi ini menampilkan 18 artis saat ini yang mengcover lagu pilihan mereka dari masa lalu 4AD: eksperimen kreatif yang berakar pada semangat kolaborasi dan potret 4AD, 41 tahun setelah kemunculannya.

 Bills & Aches & Blues” akan dirilis pada 2 April secara digital, dengan edisi vinyl dan CD standar menyusul pada 23 Juli dan boxset vinyl mewah akhir tahun ini.  Keuntungan 12 bulan pertama dariBills & Aches & Blues” akan disumbangkan ke The Harmony Project, program sepulang sekolah yang berbasis di Los Angeles untuk anak-anak dari komunitas dan sekolah yang tidak memiliki akses yang adil untuk belajar seni atau musik.

 18 lagu dari “Bills & Aches & Blues” berisi hubungan menarik antara artis dan lagu yang dipilihnya. Lagu paling awal yang dipilih (oleh US Girls) adalah ‘Junkyard’ dari The Birthday Party, dari 1981; yang terbaru adalah dua sampul Grimes (‘Genesis’ dan ‘Oblivion’, masing-masing oleh Spencer. dan Dry Cleaning) dari 2012. Sesuai, untuk satu band yang menjembatani 4AD dulu dan sekarang, The Breeders ada di seluruh “Bills And Aches And Blues”. Mereka diliput tiga kali – ‘Cannonball’ oleh Tune-Yards, ‘Mountain Battles’ oleh Bradford Cox dari Deerhunter dan ‘Off You’ oleh Big Thief, sementara The Breeders mengcover ‘The Dirt Eaters’ oleh rekan-rekan mereka di tahun 90-an His Name Is Alive.

 Lagu-lagu terkenal seperti ‘Cannonball’, ‘Song To The Siren’ dan Pixies’ ‘Where is My Mind?’, akan terasa nyaman bagi penggemar biasa, namun sebaliknya, banyak kegembiraan dapat ditemukan dalam pilihan kejutan album, seperti ‘Seabird’ milik Air Miami dan B-side milik Lush ‘Sunbathing’, masing-masing dicover oleh pemain baru Maria Somerville dan Jenny Hval.

 Album ini dinamai Bills & Aches & Blues bisa dibilang (karena Elizabeth Fraser tidak pernah menerbitkan liriknya) setelah baris pembuka Cocteau Twins ‘Cherry-Coloured Funk’. Mungkin terlalu unik dan tidak dapat ditemukan dalam hak mereka sendiri, bagian legendaris mereka pada ‘Song To The Siren’ Tim Buckley, dengan nama This Mortal Coil (bersama dengan versi akustik pra-Starsailor Buckley) menginformasikan sampul SOHN.

 Beberapa track lagu menemukan DNA bersama yang tersembunyi, seperti ‘The Moon Is Blue’ milik Future Islands and Colourbox; trek lain yang lebih mirip dengan penemuan kembali. Aldous Harding menyaring esensi melodi dari ‘Revival’ Deerhunter dan menyusunnya kembali dalam citranya yang luar biasa. Disko masa depan U.S. Girls ‘Junkyard’ dan instrumental neo-klasik Bing & Ruth ‘Gigantic’ bahkan merupakan interpretasi yang lebih radikal. Memimpin album, Tkay Maidza membawa game Art Rap dan R&B-nya, tetapi juga template pop synth 80-an yang tak terduga, ke Pixies ‘Where Is My Mind?’, judul yang sempurna untuk masa-masa kacau ini.

====================================================================================

For more info:

Instagram: @4ad 

Youtube: 4ad

Related Blogs

    Share