Seo

Picture by : Pixibay

Penggunaan Search Engine Optimization (SEO) secara optimal, bisa tempatkan website di urutan pertama sebuah mesin pencarian. Perbaiki cara penulisan online untuk optimalkan penggunaan SEO.

Bagaimana sebuah website bisa menempati urutan pertama pada sebuah halaman search engine? Tentunya karena banyak diakses oleh banyak orang. Siapa yang tidak ingin website yang dimilikinya diakses oleh banyak orang dan berada pada urutan pertama dan halaman pertama di sebuah search engine? Tentu saja semua orang ingin. Bagaimana caranya? Optimalkan SEO. Apa itu SEO?

Bagi kamu yang belum tau, Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah sistem algoritma yang diterapkan pada search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya. Sistem ini digunakan untuk membuat suatu website, artikel, atau blog menjadi ranking satu dan berada di halaman pertama pada sebuah search engine.

Nah, bagaimana cara? Ada beberapa tips yang bisa membantu.

  1. Know Your Audience

Mengetahui siapa audiens/sasaran/pembaca dari website kamu adalah tips yang paling penting dan terbaik. Konten yang kamu tulis tidak akan berguna jika kamu tidak mengerti siapa audiensmu. Kenali audiens, maka SEO akan bekerja.

  1. Number-Drop for Clicks

Ingin artikel kamu dibaca banyak orang? Gunakan angka pada headline atau judul artikelmu.  Headline yang menggunakan angka (terutama angka yang menunjukkan jumlah yang banyak) akan banyak diklik dan dibuka oleh banyak orang. Hal ini berkaitan dengan psikologi manusia, otak kita menyukai lists (tulisan berbentuk daftar), karena lists menunjukkan isi yang lebih spesifik dan tentunya memudahkan pembaca untuk membacanya.

  1. Use Subheads

Headline yang eyecatching memang mengundang para pembaca untuk membukanya. Tapi bagaimana cara untuk mengundang pembaca agar mau melanjutkan membaca tulisan kamu? gunakan sub judul. Sub judul memudahkan pembaca untuk membaca secara cepat tapi tetap fokus terhadap konten.

  1. Choose a Good Font

Gunakan jenis dan ukuran font yang tepat akan memudahkan pembaca untuk membaca dan membuat tulisan kamu lebih menarik. Pilih jenis font sans serifs atau tanpa ada ‘patahan’ pada ujung hurufnya agar mudah dibaca. Contohnya seperti arial, helvetica, verdana dan sebagainya.

serif-vs-sans-serif

Picture by: designhack

  1. Shorten Paragraphs

Gunakan paragraf yang lebih singkat. Sebisa mungkin hanya ada dua sampai empat kalimat dalam satu paragraf. Penggunaan paragraf yang panjang akan membuat pembaca bosan dan terkesan “mengintimidasi” para pembaca.

  1. Talk Your Reader’s Language

Untuk penulisan dalam website dan blog lebih baik gunakan conversational tone atau bahasa tutur. Menggunakan bahasa seperti sedang bercakap-cakap dengan pembaca membuat tulisan kamu lebih menarik bagi pembaca dan search engine tentunya.

  1. Add Pics and Video for More Clicks

Artikel yang memiliki gambar, foto, infografik, video dan beberapa visual lainnya lebih banyak diakses oleh pembaca. Gunakan subtitles pada video agar memudahkan pembaca untuk “membaca” video jika pembaca tidak bisa mendengarkan video.

  1. Link In and Credit (For The Right Way)

Linking and credit tags is really important. Penggunaan tautan bisa membuat artikel kamu lebih mudah “dicari” oleh pembaca. Tautan juga salah satu bentuk dari credit tag untuk sumber lain yang kamu gunakan agar terhindar dari engine penalties atas ancaman plagiarisme.

  1. Match Search Intent

Pastikan kamu menggunakan keywords yang banyak digunakan oleh pembaca dan jangan lupa cantumkan pada judul. Jika tak bisa dicantumkan pada judul, setidaknya cantumkan keywords pada awal artikel kamu. Kamu juga harus pastikan bahwa keywords dan judul yang kamu gunakan sepenuhnya sesuai dengan konten yang kamu tulis.

Penggunaan keywords dan judul harus bisa menjawab apa yang diinginkan oleh pembaca saat mereka membuka konten yang kamu tulis, tanpa mereka harus kembali lagi ke halaman search engine. Keywords adalah satu hal yang penting untuk meningkatkan ranking artikel kamu dan juga membuat artikelmu terhubung dengan artikel lain.

  1. Write an Introduction that Ranks

Sampaikan secara langsung kepada pembaca apa yang ingin kamu sampaikan dalam tulisan tersebut. Tuliskan semuanya di awal artikel untuk menghemat waktu berharga para pembaca, maka mereka akan terus scrolling membaca artikelmu.

  1. Encourage Social Sharing

Social media for life, right? Gunakan media sosial untuk menyebarluaskan artikel kamu. Jangan ragukan kekuatan platform media sosial untuk penyebaran konten. Banyak orang akan lebih tahu artikel kamu melalui media sosial. Jangan lupa sediakan share buttons atau opsi untuk meng-share artikel kamu agar lebih mudah disebarluaskan oleh pembaca.

Mudah bukan? Segera perbaiki penulisan online kamu untuk ranking yang lebih baik pada search engine.

===============================================================================================================


Related Blogs

    Share